Sari, Tri Wulan (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI-IPA SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4122111021 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 NIM 4122111021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
3 NIM 4122111021 Abstrak.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4 NIM 4122111021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5 NIM 4122111021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6 NIM 4122111021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 NIM 4122111021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8 NIM 4122111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9 NIM 4122111021 BAB I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13 NIM 4122111021 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14 NIM 4122111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa pada materi pokok program linear. (2) Apakah
penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan
ketuntasan klasikal siswa pada materi pokok program linear. (3) respon apakah yang
diberikan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) pada materi program linear.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research).. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA SMA Islam Al-
Ulum Terpadu Medan T.A 2016/2017 yang terdiri atas 38 siswa sedangkan objek
dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa pada materi pokok program linear dengan menerapkan model pembelajaran
problem based learning di kelas XI-IPA SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan T.A
2016/2017.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan persentase rata-rata hasil tes
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 13,20% dari 68,16%
(Cukup Baik) pada tes kemampuan pemecahan masalah I menjadi 81,36% (Baik) pada
tes kemampuan pemecahan masalah II setelah diadakan upaya perbaikan dalam proses
pembelajaran. Ketuntasan belajar meningkat sebesar 12 siswa (31,58%) yaitu pada
siklus I adalah 22 siswa (57,89%) menjadi 34 siswa (89,47%) pada siklus II setelah
diadakan upaya perbaikan dalam proses pembelajaran. Respon siswa terhadap model
problem based learning positif dengan rata-rata 3,11. Hal ini berdasarkan perhitungan
skor respon masing-masing siswa yaitu dari 38 siswa, 29 siswa (76,32%) memiliki
respon positif terhadap model problem based learning yang diterapkan pada mata
pelajaran matematika materi pokok program linear, sedangkan 9 siswa (23,68%)
memiliki respon negatif. Sehingga penerapan model problem based learning dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi program
linear.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 117 |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Nodel Pembelajaran Problem Besed Learning; Program linear |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 10:01 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 10:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20876 |