PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALKWRITE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION KELAS IX SMP SWASTA MUSDA PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Silvianti, Mimi (2016) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALKWRITE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION KELAS IX SMP SWASTA MUSDA PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4121111019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4121111019 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4121111019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4121111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (767kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.  4121111019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4121111019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.  4121111019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4121111019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.  4121111019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4121111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.  4121111019 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4121111019 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4121111019 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4121111019 TABLES.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.  4121111019 APENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4121111019 APENDICES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4121111019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4121111019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4121111019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4121111019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.  4121111019. BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4121111019. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen quasi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematika siswa
yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-
Talk-Write lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model
pembelajaran Student Teams Achievement Division di kelas IX SMP.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Swasta
Musda Perbaungan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah
69 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IX-A yang merupakan kelas
eksperimen A sebanyak 34 siswa dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Think-Talk-Write dan kelas IX-B yang merupakan kelas
eksperimen B sebanyak 35 siswa dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Instrumen dalam penelitian
ini berupa pre test dan post test yang berbentuk essay test (uraian) masing-masing
sebanyak 4 soal. Sebelum tes diberikan kepada siswa (sampel), terlebih dahulu tes
divalidkan oleh 3 orang dosen dan dinyatakan valid.
Sebelum dilakukannya tindakan, terlebih dahulu di lakukan uji pada
pretest untuk mengetahui apakah ada tidak nya perbedaan kemampuan awal siswa
pada kedua kelas dengan menggunakan uji-t yang sudah berdistribusi normal dan
homogen. Dari analisis data pada kelas eksperimen A diperoleh nilai rata-rata pre
test 64,52 dan standart deviasi pret test 11,89, sedangkan pada kelas eksperimen B
nilai rata-rata pre test 63,57 dan standart deviasi pret test 11,69. Dari analisis data
skor pretest di peroleh bahwa thitung < ttabel yaitu 0,34 < 1,997 maka Ho di terima
yaitu kemampuan awal kedua kelas sama. Uji t juga di lakukan untuk melihat
kemampuan komunikasi siswa, dimana pengujian hipotesis tersebut, terlebih
dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa
sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan
berdistribusi normal. sedangkan nilai rata-rata post test 88,05 dan standart deviasi
post test 10,36. Pada kelas ekperimen B sedangkan nilai rata-rata post test 77,86
dan standart deviasi post test 11,67. Dari analisis data skor post test dengan
menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,8328 >
1,997 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika
siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write
lebih baik daripada dengan kemampuan komunikasi matematika siswa yang
diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team
Achievement Division di kelas IX SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 147
Keywords: Pembelajaran Matematika; Komunikasi Matematika; Model pembelajaran Kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 09:40
Last Modified: 25 Oct 2016 09:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20873

Actions (login required)

View Item
View Item