Sinaga, Rosa Intan Nia (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA YP MARISI MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123111072 Cover.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 4123111072 Lembar Pengesahan & Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
3. NIM 4123111072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM 4123111072 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. NIM 4123111072 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM 4123111072 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
6. NIM 4123111072 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM 4123111072 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 4123111072 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. NIM 4123111072 BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
13. NIM 4123111072 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM 4123111072 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Swasta YP Marisi Medan
melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Menuntaskan
pembelajaran siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
di kelas VIII SMP Swasta YP Marisi Medan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas
empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VIII-1 SMP Swasta YP Marisi Medan T.A
2016/2017 yang berjumlah 40 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah
kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran
kooperatif tipe STAD.
Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus.
Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) rata-rata nilai tes pemecahan masalah
matematika pada siklus I sebesar 69,9 dengan 67,5% dari jumlah siswa yang
mengikuti tes memiliki tingkat pemecahan masalah matematika minimal kategori
baik kemudian rata-rata meningkat pada siklus II sebesar 83,9 dengan 87,5% dari
jumlah siswa memiliki tingkat pemecahan masalah matematika minimal kategori
baik. (2) Ketuntasan belajar siswa dilihat dari kemampuan pemecahan masalah
pada siklus I yaitu 27 orang siswa (67,5%) meningkat menjadi 35 siswa (87,5%)
pada siklus II yang telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85 % siswa yang
mencapai tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan nilai ≥ 70 sesuai
KKM di sekolah.
Berdasarkan hasil pada siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Swasta YP Marisi Medan
T.A 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 148 |
Keywords: | Matematika; Persamaan Linear Dua Variabel; Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 09:17 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20870 |