UNSPECIFIED (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI SMK SINAR SENTOSA MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123311005 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. 4123311005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. 4123311005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. 4123311005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. 4123311005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. 4123311005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. 4123311005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. 4123311005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. 4123311005 BAB I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
13. 4123311005 BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. 4123311005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa pada materi program linear siswa SMK Sinar Sentosa Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika pada materi program linear. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI TKJ SMK Sinar Sentosa Medan T.A. 2016/2017.
Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan awal siswa. Dari hasil tes kemampuan awal yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa kelas XI TKJ diperoleh 26 orang siswa (86,67%) yang mencapai nilai persentase <65% dan 4 orang siswa (13,33%) yang mencapai nilai persentase ≥65% (syarat ketuntasan belajar Tes Kemampuan Penalaran/TKP) dengan rata – rata nilai pada tes awal 36,80.
Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), nilai tes hasil belajar TKP I di kelas XI TKJ dari 30 orang siswa, 24 orang siswa (80%) telah mencapai tingkat kemampuan penalaran klasikal (yang mendapat nilai persentase ≥65%) sedangkan 6 orang siswa (20%) belum mencapai kemampuan penalaran TKP I dan nilai rata – rata kelasnya mencapai 70,56. Sedangkan setelah dilakukannya perbaikan dari siklus I pada siklus II di kelas XI TKJ, nilai tes kemampuan penalaran TKP II dari 30 orang siswa siswa, 26 orang siswa (86,67%) telah mencapai kemampuan penalaran klasikal (yang mendapat nilai persentase ≥65%) dan 4 orang siswa (13,33%) belum mencapai kemampuan penalaran TKPM dan nilai rata – rata kelasnya mencapai 85,56. Dengan kata lain, nilai dari ketuntasan penalaran klasikal tes hasil TKP I di kelas XI TKJ mengalami peningkatan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) di SMK Sinar Sentosa Medan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa pada materi program linear
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK_2016 MAT 141 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Program Linear; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 07:59 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20861 |