PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTU PETA KONSEP DAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Siburian, Denisha Noralita (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTU PETA KONSEP DAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4122111025. Cover.pdf]
Preview
Text
1. 4122111025. Cover.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4122111025. Lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 4122111025. Lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4122111025. Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 4122111025. Abstrak.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4122111025. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 4122111025. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4122111025. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 4122111025. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 6. 4122111025. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
6. 4122111025. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 7. 4122111025. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
7. 4122111025. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4122111025. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 4122111025. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4122111025. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 4122111025. BAB I.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of 13. 4122111025. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 4122111025. BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4122111025. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 4122111025. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa hasil belajar matematika
siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
berbantu peta konsep lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada
materi operasi hitung bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Lubuk Pakam
dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G dan kelas VII-H
sebanyak 68 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yaitu jenis
penelitian yang tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabelvariabel
luar yang mempengaruhi eksperimen. Data yang digunakan adalah tes
PAM yang diambil dari 10 soal pilihan berganda dan tes akhir atau posttest
berbentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal untuk melihat hasil belajar siswa
setelah dilakukan tindakan. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji
normalitas tes dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas tes
menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes
PAM kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen,
dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari
hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang
diberi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu peta konsep adalah
dengan simpangan baku dan rata-rata hasil belajar matematika siswa
yang diberi model pembelajaran konvensional adalah dengan simpangan
baku . Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh
dan . Ternyata , sehingga ditolak
dan diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang
diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu peta konsep
lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran
konvensional di kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 165
Keywords: Hasil Belajar; matematika; Pete Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 01:54
Last Modified: 25 Oct 2016 01:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20836

Actions (login required)

View Item
View Item