Siburian, Denisha Noralita (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTU PETA KONSEP DAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4122111025. Cover.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. 4122111025. Lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. 4122111025. Abstrak.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. 4122111025. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. 4122111025. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. 4122111025. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. 4122111025. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. 4122111025. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. 4122111025. BAB I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
13. 4122111025. BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. 4122111025. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa hasil belajar matematika
siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
berbantu peta konsep lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada
materi operasi hitung bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Lubuk Pakam
dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G dan kelas VII-H
sebanyak 68 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yaitu jenis
penelitian yang tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabelvariabel
luar yang mempengaruhi eksperimen. Data yang digunakan adalah tes
PAM yang diambil dari 10 soal pilihan berganda dan tes akhir atau posttest
berbentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal untuk melihat hasil belajar siswa
setelah dilakukan tindakan. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji
normalitas tes dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas tes
menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes
PAM kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen,
dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari
hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang
diberi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu peta konsep adalah
dengan simpangan baku dan rata-rata hasil belajar matematika siswa
yang diberi model pembelajaran konvensional adalah dengan simpangan
baku . Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh
dan . Ternyata , sehingga ditolak
dan diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang
diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu peta konsep
lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran
konvensional di kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 165 |
Keywords: | Hasil Belajar; matematika; Pete Konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 01:54 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20836 |