Sihombing, Shintauli (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA ANIMASI DAN KEY RELATION CHART PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131081 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 4123131081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
4. NIM 4123131081 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
5. NIM 4123131081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6. NIM 4123131081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM 4123131081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM 41231310181 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
9. NIM 4123131081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
10. NIM 4123131081 BAB I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
14. NIM 4123131081 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
15. NIM 4123131081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM 4123131081 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa kelas X di SMA Negeri 2
Tarutung tahun ajaran 2016/2017 yang diajar dengan menggunakan model
pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament dengan media Animasi
dan dengan media Key Relation Chart. Populasi dalam penelitian ini adalah 150
orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel
terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen 1, dan X-2 sebagai
kelas eksperimen 2 yang masing-masing terdiri dari 32 siswa. Instrumen yang
digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk
pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan lima option. Teknik analisis data yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan rumus parsial (uji-t). Hasil
penelitian diperoleh, untuk kelas eksperimen I nilai rata-rata pretest sebesar
30,33333 ± 6,556562 dan nilai rata-rata post-test adalah 82,33333 ±7,626331
sedangkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen II adalah 31,83333 ± 7,367605
dan nilai rata-rata post-test adalah 76,16667 ± 8,27161. Hasil uji t dua pihak
diperoleh thitung = 5,92310 dan ttable = 2,00172 sehingga Ha diterima dan Ho
ditolak. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil
belajar kimia siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team
Games Tournament dengan media Animasi dibandingkan hasil belajar siswa yang
diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament
dengan media Key Relation Chart
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 203 |
Keywords: | Team Games Tournament; Animasi; Key Relation Chart; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 02:58 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20813 |