Silalahi, Agus Evalita (2016) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP SIMSON TARIGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123131002 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2 NIM 4123131002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3 NIM 4123131002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4 NIM 4123131002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5 NIM 4123131002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6 NIM 4123131002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7 NIM 4123131002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8 NIM 4123131002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9 NIM 4123131002 BAB I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13 NIM 4123131002 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
14 NIM 4123131002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa yang
menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep Simson Tarigan
pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Jenis penelitian adalah penelitian
eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simanindo
tahun ajaran 2015/2016. Siswa kelas XI IPA Negeri 1 Simanindo sebanyak 4
kelas. Kelas yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA4 (sebagai kelas
eksperimen) dan kelas XI IPA3 (sebagai kelas kontrol). Untuk memperoleh data
yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang
berjumlah 20 item dengan lima option, yang telah divalidkan ke siswa, kemudian
diuji cobakan untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal.
Data hasil belajar siswa yang diperoleh diuji normalitas dan homogenitasnya.hasil
yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal. Uji
hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t pihak kanan dengan
taraf signifikan 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (1,97 > 1,67)
maka Ho ditolak, Ha diterima. Dengan demikian diperoleh bahwa peningkatan
hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model mengajar mengnduksi
perubahan konsep lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang
diajar tanpa menggunakan model mengajar menginduksi perubahan konsep
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 135 |
Keywords: | Model Mengajar Menginduksi; Perubahan Konsep; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 02:42 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20806 |