Situmorang, Ita Frimanti (2016) PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID DI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4123131046 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM.4123131046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM.4123131046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
5. NIM.4123131046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM.4123131046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM.4123131046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM.4123131046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM.4123131046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
10. NIM.4123131046 BAB I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM.4123131046 BAB V.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
15. NIM.4123131046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
3. NIM.4123131046 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara model
pembelajaran dan media pembelajaran, pengaruh model pembelajaran dan media
pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa, serta perbedaan rataan nilai hasil
belajar kimia siswa yang diajar dengan media TTS dan scramble dengan model
yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA
SMA Negeri 15 Medan, yakni 7 kelas. Sampel diambil 2 tahap, yaitu : sampel
kelas diambil 4 kelas secara teknik sampling sederhana, selajutnya sampel siswa
diambil secara purposive 15 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen
statusnya. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2x2. Ada dua faktor
yang diujicobakan yaitu faktor A: model pembelajaran yang terdiri dari 2 taraf,
yaitu A1 = model pembelajaran jigsaw dan A2 = model pembelajaran two stay
two stray. Faktor B: media pembelajaran yang terdiri dari 2 taraf, yaitu B1= media
TTS dan B2 = media scramble.
Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Fhitung
(AB) > Ftabel yang berarti ada interaksi antara model pembelajaran dan media
pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa dan Fhitung (A) dan (B) > Ftabel
artinya ada pengaruh model dan media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia
siswa di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar
menggunakan model jigsaw dengan media scramble memiliki rataan hasil belajar
kimia yang paling tinggi yaitu 87,13 ± 4,76. Sebaliknya, rataan hasil belajar kimia
yang diajar dengan menggunakan model two stay two stray dengan media
scramble memiliki rataan hasil belajar kimia yang paling rendah yaitu 71,4 ± 6,47.
Selanjutnya, diperoleh bahwa rataan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan
menggunakan media TTS yang dikombinasikan dengan model jigsaw lebih tinggi
dibandingkan dengan model two stay two stray, yaitu 76,47 ± 6,09dan 76,07 ±
4,26.
Berdasarkan pada uji pengaruh sederhana disarankan bahwa sebaiknya
media scramble digunakan pada pembelajaran yang mengaplikasikan model
pembelajaran Jigsaw sedangkan media TTS digunakan pada pembelajaran yang
mengaplikasikan model pembelajaran Two Stay Two Stray
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 137 |
Keywords: | Interaksi; Model Pembelajaran; Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 02:38 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20805 |