Sibarani, Hotmian (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123331017_COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4123331017_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. NIM. 4123331017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 4123331017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 4123331017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 4123331017_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 4123331017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 4123331017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 4123331017_BAB I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
13. NIM. 4123331017_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 4123331017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran
PBL terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa serta untuk
mengetahui korelasi aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi penelitian
adalah siswa kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 3 kelas.
Sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik random sampling
yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model PBL dan kelas kontrol
dibelajarkan dengan model konvensional. Instrunmen penelitian adalah tes dan
nontes. Tes objektif pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas,
reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran untuk data hasil belajar. Instrumen nontes
adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data yang diperoleh dengan analisis
uji t satu pihak dan uji korelasi. Hasil uji hipotesis I menunjukkan thitung > ttabel (4,336
> 1,667), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model PBL
berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata peningkatan hasil
belajar kelas eksperimen 83,75% ± 0,089 dan kelas kontrol 74,25% ± 0,106. Hasil uji
hipotesis II menunjukkan thitung > ttabel (7,425 > 1,667) yang berarti Ho ditolak dan Ha
diterima yaitu penerapan model PBL berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa.
Rata-rata aktivitas belajar kelas eksperimen 90,375 ± 4,653 dan kelas kontrol 82 ±
5,406. Hasil uji hipotesis III menunjukkan bahwa rhitung>rtabel (0,657 > 0,312) berarti
Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada korelasi aktivitas belajar dengan peningkatan
hasil belajar dengan nilai r = 0,657
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 119 |
Keywords: | Konvensional; Aktivitas; Peningkatan Hasil Belajar; Hidrolisis Garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 01:54 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20797 |