Ilham, Muhammad (2016) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS PROYEK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4122131011 SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2 NIM 4123131061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
3 NIM 4123131061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4 NIM 4123131061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5 NIM 4123131061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
6 NIM 4123131061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7 NIM 4123131061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
8 NIM 4123131061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9 NIM 4123131061 BAB I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
13 NIM 4123131061 BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
14 NIM 4123131061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Pengembangan modul ini bertujuan untuk memperoleh modul berbasis
Project Based Learning (PjBL) yang sesuai dengan kriteria penilaian BSNP,
mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan modul berbasis proyek lebih
tinggi dari nilai KKM, dan untuk mengetahui perkembangan aspek afektif dan
aspek psikomotorik siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Talawi T.A.
2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen kimia UNIMED
yang mengajar kimia umum, seluruh guru kimia SMA Negeri 1 Talawi dan
seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Talawi yang terdiri dari 4 (empat)
kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling untuk modul dan
random sampling untuk mengambil 1 kelas yang dijadikan kelas eksperimen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research dan
Development (R&D) dengan pretest-postest satu kelompok (One Group Pretest-
Postest Design). Penelitian ini menggunakan angket penilaian BSNP dan
instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitas, reabilitas,
tingkat kesukaran, daya beda dan distruktor.
Hasil penelitian menunjukkan modul yang dikembangkan memenuhi
kriteria BSNP, data yang diperoleh: Kelayakan Isi (3,33), Kelayakan Bahasa
(3,46), Kelayakan Penyajian (3,42) dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi.
Untuk data hasil belajar dianalisis dengan uji-t pihak kanan. Hasil uji t-test untuk
hasil belajar diperoleh harga thitung > ttabel (11,8694 > 1,699). Berdasarkan analisis
data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu hasil belajar kimia siswa yang
menggunakan modul berbasis Project Based Learning lebih besar dari nilai KKM
(70). Nilai afektif dan psikomotorik siswa juga berkembang, untuk rata-rata nilai
afektif siswa yaitu + 73,06 dan rata-rata nilai psikomotorik siswa yaitu + 79,22.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 186 |
Keywords: | Project Based Learning;Hasil belajar;Hidrolisis Garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 07:21 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20764 |