Sianipar, Derin Putri (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123131010 SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2 NIM 4123131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4 NIM 4123131010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5 NIM 4123131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6 NIM 4123131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7 NIM 4123131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8 NIM 4123131010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 NIM 4123131010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
10 NIM 4123131010 BAB 1.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
14 NIM 4123131010 BAB 5.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
15 NIM 4123131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3 NIM 4123131010 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini telah dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang terintegrasi media pada hasil belajar dan karakter siswa dalam materi hidrolisis garam. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan karakter siswa pada hidrolisis garam antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint dan Macromedia Flash. Dalam penelitian ini digunakan rancangan RAL (Rancangan Acak Lengkap). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA N 8 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang diambil secara purposive sampling. Data yang dibutuhkan adalah data kuantitatif yang berupa data penilaian data hasil belajar dan karakter siswa. Untuk memperoleh data penilaian karakter siswa dilakukan dengan observasi, sedangkan untuk memperoleh data hasil belajar, maka peneliti menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk test objektif menggunakan lima pilihan jawaban. Berdasarkan hasil uji validasi, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya beda dan distruktor instrumen tes, maka dari 40 soal sebanyak 21 soal memenuhi syarat tetapi hanya 20 soal yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa dalam materi hidrolisis garam antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint dan Macromedia Flash. Data yang diperoleh Fhitung > Ftabel (13,37 > 3,10) dan sig(0,00) < α(0,05). Dengan rata-rata nilai 70,16 (Eksperimen 3), 69,83 (Eksperimen 2) dan 57,83 (Eksperimen 1) atau dapat dikatakan Macromedia Flash > PPT > Peta Konsep. Implementasi model pembelajaran Kooperatif tipe STAD terintegrasi media dapat menumbuhkembangkan karakter rasa ingin tahu, kerjasama, dan tanggung jawab siswa. Persen peningkatan hasil belajar untuk ketiga kelas dari hasil persen gain yakni Peta Konsep = 43,00%, Powerpoint = 56,27% dan Macromedia Flash = 61,32%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 143 |
Keywords: | Kooperatif Tipe STAD; Macromedia Flash;Powerpoint; Hidrolisis Garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 03:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20750 |