Sirai, Ronaldyo A. (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI DISCOVERY LEARNINGDENGAN MEDIAPOWER POINTTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123331046 COVER(1).pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 NIM 4123331046 LEMBAR PENGESAHAN(1).pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
3 NIM 4123331046 ABSTRAK(1).pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4 NIM 4123331046 KATA PENGANTAR(1).pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
5 NIM 4123331046 DAFTAR ISI(1).pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6 NIM 4123331046 DAFTAR GAMBAR(1).pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7 NIM 4123331046 DAFTAR TABEL(1).pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8 NIM 4123331046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9 NIM 4123331046 BAB I.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
13 NIM 4123331046 BAB V(1).pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14 NIM 4123331046 DAFTAR PUSTAKA(1).pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan Problem Based Learning terintegrasi Discovery Learning
berbantuan media power point lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan Problem Based Learning berbantuan media power point di
SMA Swasta Masehi Berastagi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMA Swasta Masehi Berastagi. Sampel penelitian ini sebanyak 2
(dua) kelas X.5 sebagai kelas eksperimen dan X,1 kelas kontrol. Kelas eksperimen
diajarkan dengan model Problem Based Learning terintegrasi Discovery Learning
berbantuan media power point dan kelas kontrol diajarkan dengan model Problem
Based Learning berbantuan media power point. Instrumen yang digunakan adalah
test pilihan ganda materi reaksi redoks berjumlah 20 soal yang telah divalidkan
dengan reliabel yang tinggi yaitu rhitung=0,83. Data hasil belajar siswa
menunjukkan kedua kelompok sampel yang diuji homogen dan terdistribusi
normal. Uji hipotesis menggunakan uji t pihak kanan. Dari uji hipotesis diperoleh
t hitung= 3,75 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 80 dan harga t tabel= 1,66 yang
berarti t hitung> t tabelyaitu 3,75 > 1,66. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata
gain kelas eksperimen 0,69 dan rata-rata nilai gain kelas kontrol 0,61. Persen
peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 70,31 % dan pada kelas
kontrol sebesar 61,57 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil
belajar siswa yang dibelajarkan dengan problem based learning terintegrasi
discovery learning berbantuan media power point lebih tinggi dari peningkatan
hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan problem based learning berbantuan
media power point pada kelas X SMA Swasta Masehi Berastagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 162 |
Keywords: | Problem Based Learning, Discovery Learning;power point; peningkatan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 01:49 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 01:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20736 |