Wulandari, Febiana (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KOLOID DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123131032 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2 NIM 4123131032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4 NIM 4123131032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
5 NIM 4123131032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6 NIM 4123131032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7 NIM 4123131032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 NIM 4123131032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9 NIM 4123131032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
10 NIM 4123131032 BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14 NIM 4123131032 BAB V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
15 NIM 4123131032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
3 NIM 4123131032 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar modul ini bertujuan untuk memperoleh bahan
ajar modul berbasis kontekstual yang sesuai dengan kriteria penilaian BSNP dan
mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar modul tersebut
pada materi koloid. Penelitian ini dilakukan di SMA Panca Budi Medan T.A.
2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen kimia UNIMED
yang mengajarkan mata kuliah kimia umum, seluruh guru kimia SMA Panca Budi
Medan dan seluruh siswa kelas XI MIA SMA Panca Budi Medan yang terdiri dari
2 kelas. Sampel ditetapkan dengan purposive sampling untuk bahan ajar modul
maupun untuk mengambil satu kelas yang dijadikan kelas eksperimen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research dan
Development (R&D) dengan desain pretest-postest satu kelompok (One Group
Pretest-Postest Design). Pengambilan data untuk penilaian bahan ajar modul
diperoleh dengan kriteria penilaian BSNP. Sedangkan, data untuk hasil belajar
siswa yang menggunakan modul berbasis kontekstual diperoleh dengan tes hasil
belajar yang menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di
uji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distruktor. Hasil
penelitian menunjukkan bahan ajar memenuhi kriteria BSNP, data yang
diperoleh: Kelayakan Isi = 3,53; Kelayakan Bahasa = 3,48; Kelayakan Penyajian
= 3,54; Kelayakan Kegrafikaan = 3,48 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi.
Data hasil belajar dianalisis dengan uji t pihak kanan. Hasil uji t-test untuk
hasil belajar diperoleh thitung > ttabel () (8,18936 > 1,708). Nilai afektif dan
psikomotorik siswa juga berkembang, untuk rata-rata nilai afektif siswa yaitu
60,04 dan rata-rata nilai psikomotorik siswa yaitu 62,39. Berdasarkan hasil
analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu: hasil belajar kimia siswa
dengan menggunakan bahan ajar modul berbasis kontekstual lebih tinggi dari nilai
KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 173 |
Keywords: | Hasil Belajar; Pelajaran Kimia; Pembuatan Mudul |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 01:26 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 01:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20734 |