Husni, Aida (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION BERBASIS EKSPERIMEN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123131003 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2 NIM 4123131003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
4 NIM 4123131003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5 NIM 4123131003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6 NIM 4123131003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7 NIM 4123131003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 NIM 4123131003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 NIM 4123131003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
10 NIM 4123131003 BAB I.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
10 NIM 4123131003 BAB I.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14 NIM 4123131003 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
15 NIM 4123131003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dengan
model inkuiri terbimbing dan kooperatif group investigation berbasis eksperimen
pada materi hidrolisis garam. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA
N 1 Tanjung Morawa T.A. 2015/1016 dengan populasi seluruh siswa kelas XI
SMA N 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 5 kelas. Sampel ditetapkan dengan
cara modifikasi cluster random sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan
kelas eksperimen. Kelas eksperimen pertama yang diberi perlakuan dengan model
inkuiri terbimbing berjumlah 31 orang dan kelas eksperimen kedua yang diberi
perlakuan dengan model group investigation berjumlah 35 orang.
Berdasarkan analisa data, nilai rata- rata postes pada kelas eksperimen
pertama adalah 80,65 dengan standar deviasi 7,18 dan rata – rata pada kelas
eksperimen kedua 76,38 dengan standar deviasi 9,06 .Hasil observasi
keterampilan siswa dalam praktikum menunjukkan rata – rata kelas eksperimen 1
dan 2 adalah 61,3 dan 58,9. Sedangkan pada uji hipotesis diperoleh t hitung = 2,16
dan ttabel = 1,6694 (t hitung > ttabel ). Dari data menunjukkan bahwa hasil belajar
kimia siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing lebih tinggi dari
pada hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model group investigation,
maka dapat disimpulkan pengaruh model inkuiri terbimbing lebih baik dari pada
model group investigation terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 115 |
Keywords: | Model Inkuiri Terbimbing; Group Investigation; Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 01:09 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 01:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20728 |