Sitinjak, Dick Wanda (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131017 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 4123131017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. 4123131017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. NIM 4123131017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM 4123131017 TABLE OF CONTETS.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 4123131017 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4123131017 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4123131017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM 4123131017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13. NIM 4123131017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14. NIM 4123131017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Media LKS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Sumbul yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPA -3 sebagai kelas eksperimen 1, dan XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen II yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan lima option. Instrumen tes yang digunakan memiliki nilai reliabilitas 0,89. Karena rhitung > rtabel yaitu 0,89 > 0,362, maka instrumen tersebut reliabel. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Media LKS. Hasil penelitian diperoleh, untuk kelas eksperimen I nilai rata-rata pretest sebesar 37.375 dan nilai rata-rata post-test adalah 82.66 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen II adalah 36.375 dan nilai rata-rata post-test adalah 77,33. Hasil uji anava diperoleh thitung = 9,62 dan ttable = 4,01, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan media LKS dan tanpa media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 185 |
Keywords: | Hasil Belajar; Hidro;lisis Garam; Sifat larutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:54 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20725 |