Amanda, Rizka (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA KARTU BERPASANGAN PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123331043 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4123331043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. NIM 4123331043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM 4123331043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 4123331043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 4123331043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4123331043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4123331043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 4123331043 BAB I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM 4123331043BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 4123331043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media kartu berpasangan lebih tinggi daripada pembelajaran dengan model Discovery Learning pada materi reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMAN 21 Medan, yang berjumlah 7 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif, 1 kelas sebagai kelas eksperimen I dan 1 kelas lagi sebagai kelas eksperimen II. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimental. Instrumen tes yang valid sebanyak 20 soal dan dinyatakan reliabel = 0,80. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest pada kelas eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung ≥ ttabel, yakni 3,05 > 1,6697, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media kartu berpasangan lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning pada materi reaksi redoks di kelas X IPA SMA Negeri 21 Medan yaitu 83,06% > 77,78%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 164 |
Keywords: | Problem Based Learning; Kartu Berpasangan; Reaksi Redoks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:21 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20719 |