PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK SISTEM KOORDINASI PADA MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Tarigan, Alemi Charina (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK SISTEM KOORDINASI PADA MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 409141002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 409141002 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 409141002 APPEROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 409141002 APPEROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 409141002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 409141002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 409141002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 409141002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 409141002 TABLE OF COTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 409141002 TABLE OF COTENT.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 409141002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 409141002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 409141002 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 409141002 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 409141002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 409141002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 409141002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 409141002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 409141002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 409141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa
yang diajar menggunakan model TPS dengan STAD pada materi pokok Sistem
Koordinasi Pada Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan. Penelitian ini
meerupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa
Kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah
240 Orang. Pengambilan sampel secara random (random sampling) dan didapat
dua kelas sebagai sampel yaitu Kelas XI IPA-5 dan Kelas XI IPA-6 yang
berjumlah 79 Orang. Kelas XI IPA-5diajarkan dengan model TPS dan Kelas XI
IPA-6 diajarkan dengan model STAD. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 25buah yang
digunakan sebagai soal pretes dan postes. Rata-rata hasil belajar yang didapatkan
untuk kelas TPS sebesar 80,51 lebih tinggi disbanding kelas STAD yaitu sebesar
76,5 sehingga terdapat perbedaan nilai sebesar 4,01%. Pengujian yang dilakukan
dengan uji t menghasilkan = 2,409 dan = 1,665 dengan dk = 77 dan
taraf signifikan 0,05. Berdasarkan kriteria diterima jika – –
, maka penelitian ini menolak dan menerima . Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan
model kooperatif tipe TPS dengan STAD pada materi pokok Sistem Koordinasi
Pada Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BIO 168
Keywords: Biologi; Hasil Belajar; Sistem Koodinasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Oct 2016 05:27
Last Modified: 19 Oct 2016 05:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20695

Actions (login required)

View Item
View Item