Tarigan, Alemi Charina (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK SISTEM KOORDINASI PADA MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 409141002 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 409141002 APPEROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
3. NIM. 409141002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 409141002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. NIM. 409141002 TABLE OF COTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 409141002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 409141002 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 409141002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM. 409141002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
14. NIM. 409141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa
yang diajar menggunakan model TPS dengan STAD pada materi pokok Sistem
Koordinasi Pada Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan. Penelitian ini
meerupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa
Kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah
240 Orang. Pengambilan sampel secara random (random sampling) dan didapat
dua kelas sebagai sampel yaitu Kelas XI IPA-5 dan Kelas XI IPA-6 yang
berjumlah 79 Orang. Kelas XI IPA-5diajarkan dengan model TPS dan Kelas XI
IPA-6 diajarkan dengan model STAD. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 25buah yang
digunakan sebagai soal pretes dan postes. Rata-rata hasil belajar yang didapatkan
untuk kelas TPS sebesar 80,51 lebih tinggi disbanding kelas STAD yaitu sebesar
76,5 sehingga terdapat perbedaan nilai sebesar 4,01%. Pengujian yang dilakukan
dengan uji t menghasilkan = 2,409 dan = 1,665 dengan dk = 77 dan
taraf signifikan 0,05. Berdasarkan kriteria diterima jika – –
, maka penelitian ini menolak dan menerima . Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan
model kooperatif tipe TPS dengan STAD pada materi pokok Sistem Koordinasi
Pada Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 168 |
Keywords: | Biologi; Hasil Belajar; Sistem Koodinasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 05:27 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 05:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20695 |