Siddik, Jafar (2016) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA SWASTA ASY-SYAFI’IYAH INTERNASIONAL MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141046 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4123141046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
3. NIM. 4123141046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
4. NIM. 4123141046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. NIM. 4123141046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM. 4123141046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM. 4123141046 TABLES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. NIM. 4123141046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 4123141046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
14. NIM. 4123141046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM. 4123141046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran besarnya persentase siswa yang mengalami miskonsepsi pada konsep sistem peredaran darah pada manusia di kelas XI IPA SMA Swasta Asy-Syafi’iyah Internasional Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Asy-Syafi’iyah Internasional Medan yang berjumlah 56 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 50% dari jumlah populasi. Materi yang digunakan untuk menganalisis miskonsepsi merupakan konsep yang telah dipelajari, yaitu konsep sistem peredaran darah pada manusia. Instrumen yang digunakan adalah peta konsep acuan. Data hasil penelitian di analisis dengan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa kelas XI IPA SMA Swasta Asy-Syafi’iyah Internasional Medan telah terjadi miskonsepsi pada konsep sistem peredaran darah manusia sebesar 14,7% dan tidak tahu konsep sebesar 34,08%, sehingga siswa yang tahu konsep hanya sebesar 51,2%. Selain itu materi yang memiliki persentase miskonsepsi yang besar terjadi pada materi alat peredaran darah yaitu sebesar 14,8%. Kondisi yang dialami siswa tersebut menuntut adanya upaya untuk menanggulangi miskonsepsi yang terjadi pada siswa karena jika terus dibiarkan akan terus terjadi dan dapat mengganggu pemahaman konsep siswa selanjutnya yang terkadang masih berkaitan antar konsep tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 142 |
Keywords: | Miskonsepsi; Peta Konsep; Konsep Sistem Peredaran Darah Pada Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 04:43 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20692 |