Andriani, Nurlaizar (2016) AKTIVITAS BELAJAR SISWA YANG MENGINDIKASIKAN SISWABERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA-7 MAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Nim. 4122141012_COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. Nim. 4122141012_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. Nim. 4122141012_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. Nim. 4122141012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. Nim 4122141012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. Nim 4122141012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. Nim 4122141012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. Nim. 4122141012_BAB I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
12. Nim. 4122141012_BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
13. Nim 4122141012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas belajar siswa yang
mengindikasikan siswa berpikir kritis pada pembelajaran biologi kelas XI IPA-7
MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasinya yaitu siswa kelas XI
IPA-7 MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 berjumlah 40 orang.
Sampel ditentukan dengan Random Sampling, dimana sampel berjumlah 20
orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif, dengan menggunakan lembar aktivitas belajar siswa sebagai alat
pengumpul data penelitian. Pengamatan dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan.
Dari hasil data yang diperoleh diketahui bahwa kemunculan aktivitas berpikir
kritis sangat rendah dimana aktivitas belajar yang muncul hanyalah aktivitas
menjawab pertanyaan. Pada pengamatan pertama aktivitas berpikir kritis
diperoleh dengan persentase sebesar 11,11% dan untuk pengamatan kedua
aktivitas berpikir kritis diperoleh dengan persentase sebesar 16,6%. Ada beberapa
faktor yang melatar belakangi rendahnya kemunculan aktivitas berpikir kritis ini
yaitu disebabkan oleh pertanyaan yang muncul belum mampu mendorong
munculnya aktivitas-aktivitas berpikir kritis dan strategi pembelajaran yang
digunakan oleh guru yaitu strategi pembelajaran ekspositori yangmana strategi
pembelajaran ini memang tidak didesain untuk memunculkan aktivitas belajar
yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 153 |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Berpikir Kritis; Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 08:00 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20642 |