Nasution, Masringgit Marwiyah (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 BINJAI T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123321030 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. 4123321030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. 4123321030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. 4123321030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. 4123321030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. 4123321030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
8. 4123321030 TABLES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
10. 4123321030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
14. 4123321030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
15. 4123321030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
3. 4123321030 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 3 Binjai T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 3 Binjai T.P 2015/2016 yang terdiri dari 8 kelas berjumlah 292 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk Essay dengan jumlah 10 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh tiga observer. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem based learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran Konvensional.
Hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 45,6 dengan standar deviasi 8,84 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 46,42 dengan standar deviasi 8,82. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pertemuan I 48,3 %, pertemuan II 57,6 %, pertemuan III 76,2 % dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 69,00 dengan standar deviasi 6,82 sedangkan kelas kontrol 58,51 dengan standar deviasi 8,51 dan nilai rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran di kelas kontrol adalah pertemuan I 46,3 %, pertemuan II 56,6 %, pertemuan III 50,1% . Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 23,31 dan ttabel = 1,63 , sehingga thitung > ttabel (23,31 > 1,63) maka maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar kelas kontrol atau ada pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 3 Binjai T.P 2015/201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 130 |
Keywords: | Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 06:56 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20592 |