Sinaga, Minar Veronika (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123321032 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 4123321032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
3. NIM. 4123321032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. NIM. 4123321032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4123321032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 4123321032 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4123321032 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 4123321032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 4123321032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
13. NIM. 4123321032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4123321032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari (1) tes hasil belajar bentuk essai sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli, (2) lembar observasi afektif siswa, dan (3) lembar observasi psikomotorik siswa, (4) uji hipotesis menggunakan uji t pada α = 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30 dan kelas kontrol 34. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1445 dan kelas kontrol Lhitung = 0.0961 dengan masing-masing Ltabel = 0.1556 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,1250 dan Ftabel = 1,8245 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 74 dan kelas kovensional adalah 57. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1162 dan kelas kontrol Lhitung = 0.0737 dengan masing-masing Ltabel = 0.1556 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,6313 dan Ftabel = 1,8246 sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil pengujian hipotesis thitung= 7,5977 dan ttabel= 1,6667 sehingga diperoleh thitung > ttabel maka terdapat pengaruh yang lebih baik pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa dari pada pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 125 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing; Kognitif; Afektif; Psikomotorik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 06:51 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 06:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20591 |