Andriko, Rahmad (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122121026 COVER.PDF - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 4122121026 APPROVAL SHEET.PDF - Published Version
Download (302kB) | Preview
3. NIM 4122121026 CURRICULUM VITAE.PDF - Published Version
Download (32kB) | Preview
4. NIM 4122121026 ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM 4122121026 PREFACE.PDF - Published Version
Download (312kB) | Preview
6. NIM 4122121026 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 4122121026 ILLUSTRATION.PDF - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4122121026 TABLES.PDF - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM 4122121026 APPENDIC.PDF - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM 4122121026 CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (357kB) | Preview
14. NIM 4122121026 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (206kB) | Preview
15. NIM 4122121026 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem
Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis siswa pada materi
pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P.
2015 / 2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two
group Pre-test dan Pos-test. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X semester II di SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P.2015/2016 yang
berjumlah 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 31 orang untuk kelas eksperimen dan
kelas kontrol.
Dari analisa data diperoleh rata-rata pretes berpikir kritis kelas eksperimen
24,58 pada kelas kontrol sebesar 22,61. Kedua kelas berdistribusi normal karena
Lhitung< LTabel (0,1466 <0,1591) dan homogen karena Fhitung< FTabel(1,12< 1,84).
Dari hasil uji kemampuan awal siswa diperoleh hit t = 1,52. Pada taraf nyata α =
0,05 diperoleh tabel t =2,00 ( hitung t < tabel t ) yang berarti Ho diterima, sehingga dapat
disimpulkan kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan
kemampuan awal siswa pada kelas kontrol.
Untuk postest diperoleh rata-rata postest berpikir kritis kelas eksperimen
73,13 pada kelas kontrol sebesar 67,94. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi
normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis diperoleh hitung t = 3,66. Pada taraf
nyata α = 0,05 diperoleh tabel t = 2,66 ( hitung t > tabel t ) yang berarti Ha diterima,
Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh kemampuan
berpikir kritis dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol kemampuan
berpikir kritis dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan
uji beda (uji-t) diperoleh ada perbedaan yang signifikan dari penerapan model
problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi
pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P.
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 127 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Keterampilan Berpikir Kritis;Suhu dan Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 04:25 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20581 |