Panjaitan, Laila Azwani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQURY TRAINING DAN KEMAMPUANBERPIKIRKRITISTERHADAPHASILBELAJAR SISWA PADAMATERIFLUIDASTATISKELASXI SMANEGERI 4 KISARAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123321027 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2 NIM 4123321027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
4 NIM 4123321027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
5 NIM 4123321027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6 NIM 4123321027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7 NIM 4123321027 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8 NIM 4123321027 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 NIM 4123321027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
10 NIM 4123321027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
14 NIM 4123321027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
15 NIM 4123321027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
3 NIM 4123321027 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara kemampuan
berpikir kritis dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry
Training pada materi Fluida Statis di Kelas XI SMAN 4 Kisaran T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan two group
pretest postest design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap
SMAN 4 Kisaran yang terdiri dari 4 kelas. Sampel diambil dua kelas dengan
teknik Cluster Random Sampling, kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 3 = 33
orang dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 2 = 33 orang. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) tes hasil belajar; 2) tes kemampuan
berpikir kritis. Tes hasil belajar berjumlah 7 item dalam bentuk uraian dan tes
kemampuan berpikir kritis berjumlah 3 item dalam bentuk uraian. Kedua tes telah
divaidasi oleh validator. Teknik analasis data yang digunakan adalah analisis
varians dua jalur.
Dari hasil analisis pretest diperoleh nilai rata rata kelas eksperimen = 63,84
dengan standar deviasi 10,04 dan kelas kontrol = 68,87 dengan standar deviasi
7,65. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata
rata postest kelas eksperimen = 89,66 dengan standar deviasi 6,35 dan kelas
kontrol = 78,21 dengan standar deviasi 6,69. Nilai rata rata sikap siswa pertemuan
I = 79,15; pertemuan II = 80,42; pertemuan III = 83,94; pertemuan IV = 87,97.
Nilai rata rata psikomototik siswa pertemuan I = 67,76; pertemuan II = 77,85;
pertemuan III = 77,97; pertemuan IV = 78,45. Hasil perhitungan anava diperoleh
Fkolom> Ftabel = 45,45>4,15, sehingga ada pengaruh perbedaan hasil belajar akibat
penerapan model pembelajaran Inquiry Training pada materi pokok fluida statis di
kelas XI SMAN 4 Kisaran T.P. 2015/2016. Fbaris> Ftabel = 101,017>4,15, sehingga
ada pengaruh berpikir kritis tinggi dengan berpikir kritis rendah terhadap hasil
belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMAN 4 Kisaran T.P.
2015/2016. Finteraksi>Ftabel=1056,555>4,15, sehingga ada interaksi antara model
pembelajaran Inquiry Training dengan berpikir kritis terhadap hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 139 |
Keywords: | Massa Jenis; Tekanan; Hukum Pascal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 04:12 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20578 |