PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQURY TRAINING DAN KEMAMPUANBERPIKIRKRITISTERHADAPHASILBELAJAR SISWA PADAMATERIFLUIDASTATISKELASXI SMANEGERI 4 KISARAN T.P. 2015/2016

Panjaitan, Laila Azwani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQURY TRAINING DAN KEMAMPUANBERPIKIRKRITISTERHADAPHASILBELAJAR SISWA PADAMATERIFLUIDASTATISKELASXI SMANEGERI 4 KISARAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4123321027 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4123321027 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4123321027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4123321027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4123321027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4123321027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4123321027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4123321027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4123321027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4123321027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4123321027 TABLES.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4123321027 TABLES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4123321027 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4123321027 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4123321027 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4123321027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM 4123321027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10 NIM 4123321027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4123321027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4123321027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM 4123321027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15 NIM 4123321027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4123321027 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4123321027 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara kemampuan
berpikir kritis dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry
Training pada materi Fluida Statis di Kelas XI SMAN 4 Kisaran T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan two group
pretest postest design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap
SMAN 4 Kisaran yang terdiri dari 4 kelas. Sampel diambil dua kelas dengan
teknik Cluster Random Sampling, kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 3 = 33
orang dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 2 = 33 orang. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) tes hasil belajar; 2) tes kemampuan
berpikir kritis. Tes hasil belajar berjumlah 7 item dalam bentuk uraian dan tes
kemampuan berpikir kritis berjumlah 3 item dalam bentuk uraian. Kedua tes telah
divaidasi oleh validator. Teknik analasis data yang digunakan adalah analisis
varians dua jalur.
Dari hasil analisis pretest diperoleh nilai rata rata kelas eksperimen = 63,84
dengan standar deviasi 10,04 dan kelas kontrol = 68,87 dengan standar deviasi
7,65. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata
rata postest kelas eksperimen = 89,66 dengan standar deviasi 6,35 dan kelas
kontrol = 78,21 dengan standar deviasi 6,69. Nilai rata rata sikap siswa pertemuan
I = 79,15; pertemuan II = 80,42; pertemuan III = 83,94; pertemuan IV = 87,97.
Nilai rata rata psikomototik siswa pertemuan I = 67,76; pertemuan II = 77,85;
pertemuan III = 77,97; pertemuan IV = 78,45. Hasil perhitungan anava diperoleh
Fkolom> Ftabel = 45,45>4,15, sehingga ada pengaruh perbedaan hasil belajar akibat
penerapan model pembelajaran Inquiry Training pada materi pokok fluida statis di
kelas XI SMAN 4 Kisaran T.P. 2015/2016. Fbaris> Ftabel = 101,017>4,15, sehingga
ada pengaruh berpikir kritis tinggi dengan berpikir kritis rendah terhadap hasil
belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMAN 4 Kisaran T.P.
2015/2016. Finteraksi>Ftabel=1056,555>4,15, sehingga ada interaksi antara model
pembelajaran Inquiry Training dengan berpikir kritis terhadap hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 139
Keywords: Massa Jenis; Tekanan; Hukum Pascal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 04:12
Last Modified: 17 Oct 2016 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20578

Actions (login required)

View Item
View Item