Utami, Zaskya Laksmitha (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK OPTIKA GEOMETRIS KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 STABAT T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM_4121121030_COVER.PDF - Published Version
Download (43kB) | Preview
2.NIM 4121121030_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
4.NIM_4121121030_ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (113kB) | Preview
5.NIM_4121121030_KATA_PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (138kB) | Preview
6.NIM_4121121030_DAFTAR_ISI.PDF - Published Version
Download (139kB) | Preview
7.NIM_4121121030_DAFTAR_GAMBAR.PDF - Published Version
Download (112kB) | Preview
8.NIM_4121121030_DAFTAR_TABEL.PDF - Published Version
Download (112kB) | Preview
9.NIM_4121121030_DAFTAR_LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (190kB) | Preview
10.NIM_4121121030_BAB_I.PDF - Published Version
Download (415kB) | Preview
14.NIM_4121121030_BAB_V.PDF - Published Version
Download (139kB) | Preview
15.NIM_4121121030_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
3.NIM_4121121030_RIWAYAT_HIDUP.PDF - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok optika
geometris di kelas X semester genap SMA Negeri 1 Stabat T.P. 2015 / 2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group
Pre-test dan Pos-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random
sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas yaitu kelas X MIA-4
sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 39 orang dan kelas X MIA-3 sebagai
kelas kontrol yang berjumlah 39 orang. Data penelitian diperoleh dengan
menggunakan Instrumen berupa Essay test sebanyak 10 soal. Lembar penilaian
observasi untuk mengukur sikap dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian di
kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap dan keterampilan masing-masing
dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan
sikap termasuk dalam kategori baik.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh
ada pengaruh pada penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap
hasil belajar siswa pada materi pokok optika geometris di kelas X semester genap
SMA Negeri 1 Stabat T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 144 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Hasil Belajar;Optika Geometris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 03:25 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20569 |