Siregar, Evitamala (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION(GI)TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALORDI KELAS X SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 2 M E D A N TP 2 0 1 5 / 2 0 1 6. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121121011 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM 4121121011 APPROVAL SHEET.docx.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
3.NIM_4121121011_ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (34kB) | Preview
4._NIM_4121121011_PREFACE.PDF - Published Version
Download (220kB) | Preview
5._NIM_4121121011_TABLE_OF_CONTENT.PDF - Published Version
Download (164kB) | Preview
6._NIM_4121121011_TABLES.PDF - Published Version
Download (111kB) | Preview
7._NIM_4121121011_ILLUSTRATION.PDF - Published Version
Download (110kB) | Preview
8_NIM_4121121011_APPENDICES.PDF - Published Version
Download (202kB) | Preview
9._NIM_4121121011_CHAPTER_I.PDF - Published Version
Download (364kB) | Preview
13._NIM_4121121011_CHAPTER_V.PDF - Published Version
Download (143kB) | Preview
14_NIM_4121121011_DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar
pengetahuan konseptual siswa akibat model pembelajaran Kooperatif Tipe Group
Investigation (GI) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran
konvensional pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA
Muhammadiyah 2 Medan T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini
adalah semua siswa kelas X semester genap SMA Muhammadiyah 2 Medan yang
terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan
dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang
berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation (GI) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan
ganda sebanyak 15 soal yang telah divalidkan oleh validator. Teknik analisis data
yang digunakan adalah uji t satu pihak.
Hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (2,031 > 1,997). Sehingga diperoleh
kesimpulan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)
memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual
siswa daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor Di
Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 140 |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Cluster Random Sampling; Suhu dan Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 03:19 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20567 |