PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION(GI)TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALORDI KELAS X SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 2 M E D A N TP 2 0 1 5 / 2 0 1 6

Siregar, Evitamala (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION(GI)TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALORDI KELAS X SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 2 M E D A N TP 2 0 1 5 / 2 0 1 6. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4121121011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4121121011 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4121121011 APPROVAL SHEET.docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4121121011 APPROVAL SHEET.docx.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM_4121121011_ABSTRACT.PDF]
Preview
Other
3.NIM_4121121011_ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 4._NIM_4121121011_PREFACE.PDF]
Preview
Other
4._NIM_4121121011_PREFACE.PDF - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 5._NIM_4121121011_TABLE_OF_CONTENT.PDF]
Preview
Other
5._NIM_4121121011_TABLE_OF_CONTENT.PDF - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6._NIM_4121121011_TABLES.PDF]
Preview
Other
6._NIM_4121121011_TABLES.PDF - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7._NIM_4121121011_ILLUSTRATION.PDF]
Preview
Other
7._NIM_4121121011_ILLUSTRATION.PDF - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8_NIM_4121121011_APPENDICES.PDF]
Preview
Other
8_NIM_4121121011_APPENDICES.PDF - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 9._NIM_4121121011_CHAPTER_I.PDF]
Preview
Other
9._NIM_4121121011_CHAPTER_I.PDF - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 13._NIM_4121121011_CHAPTER_V.PDF]
Preview
Other
13._NIM_4121121011_CHAPTER_V.PDF - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14_NIM_4121121011_DAFTAR PUSTAKA.PDF]
Preview
Other
14_NIM_4121121011_DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar
pengetahuan konseptual siswa akibat model pembelajaran Kooperatif Tipe Group
Investigation (GI) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran
konvensional pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA
Muhammadiyah 2 Medan T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini
adalah semua siswa kelas X semester genap SMA Muhammadiyah 2 Medan yang
terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan
dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang
berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation (GI) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan
ganda sebanyak 15 soal yang telah divalidkan oleh validator. Teknik analisis data
yang digunakan adalah uji t satu pihak.
Hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (2,031 > 1,997). Sehingga diperoleh
kesimpulan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)
memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual
siswa daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor Di
Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Medan T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 140
Keywords: Quasi Eksperimen; Cluster Random Sampling; Suhu dan Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 03:19
Last Modified: 17 Oct 2016 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20567

Actions (login required)

View Item
View Item