Bangun, Natalia (2016) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA DHARMA BAKTI MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341074 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 7123341074 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
3. NIM 7123341074 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM 7123341074 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM 7123341074 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM 7123341074 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7.NIM 7123341074 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8.NIM 7123341074 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9.NIM 7123341074 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13. NIM 7123341074 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
14. NIM 7123341074 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah profesionalisme guru dan motivasi belajar siswa yang kurang baik yang mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Dharma Bakti Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharma Bakti Medan dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan sampel 35 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 18 butir, kuesioner dinyatakan reliable dengan Alpha Cronbach 0,764 untuk variable profesionalisme guru dan 0,872 untuk variable motivasi belajar siswa. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, determinasi( R2) dan untuk menguji hipotesis digunakan uji T, uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penelitian ini yaitu, Y = 32,888+ 0,318X1 + 0,294X2. Selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,609 aatau 60,9%. Berdasarkan hasil analis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa . (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 111 |
Keywords: | Profesionalisme Guru; Motivasi Belajar; Prestasi belajar Ekonomi Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Oct 2016 01:14 |
Last Modified: | 15 Oct 2016 01:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20549 |