Suryadinata, Santoso (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANREVIEW,OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURAT.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 7123342035 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
NIM 7123342035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM 7123342035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
NIM 7123342035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
NIM 7123342035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
NIM 7123342035 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM 7123342035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM 7123342035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
NIM 7123342035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
NIM 7123342035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
akuntansi siswa di SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran
ROPES dan dibandingkan hasil belajar yang diajar dengan Metode Konvensional
pada materi biaya bahan baku pada siswa kelas XII AK di SMKNegeri 1 Tanjung
Pura.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura yang beralamat
di JalanTengku Amir Hamzah– Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini
terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 68 orang. Teknik pengambilan Sampel
yang digunakan adalah random sampling yaitu kelas XII AK-1sebagai kelas
eksperimen dan XII AK-2 sebagai kelas Kontrol dengan masing-masing kelas
terdiri dari 30 orang. Tehnik analisis data yang digunakan yaituuji normalitas
menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji
hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t hitung
> t tabel pada α = 0,05
Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest
X = 48,83; SD = 13,1 dan postes X = 63,16 ; SD = 12,4. Sedangkan kelas kontrol
pretest X = 45,16; SD = 11,3 dan postest adalah X = 49,8 ; SD = 10,2. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data
perhitungan hipotesis thitung sebesar 4,279 sedangkan ttabel = 1,672. Hasil pengujian
hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,279>1,672 yang berarti
hipotesis penelitian diterima.
Dengan demikian hasil belajar akuntansi yang diajar menggunakan model
pembelajaran ROPES lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode Konvensional pada siswa
kelas XIIAkuntansi SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016/2017
khususnya pembahasan materi biaya bahan baku
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 141 |
Keywords: | Model Pembelajaran ROPES;Metode Konvensional; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 08:28 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20542 |