Nasution, Syadzwana Putri Utami (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142050 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 7123142050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
3. NIM. 7123142050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM. 7123142050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM. 7123142050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM. 7123142050 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 7123142050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 7123142050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
9. NIM. 7123142050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
13. NIM. 7123142050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 7123142050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
Abstract
XI SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) lebih tinggi dibanding
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
Think Talk Write (TTW) siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan T.P. 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Medan T.P
2016/2017 yang berjumlah 152 siswa. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah cluster random sampling yaitu dengan menggunakan dua kelas
yaitu XI AK 1 sebagai kelas eksperimen I dan XI AK 2 sebagai kelas eksperimen
II yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda
sebanyak 20 item tes dengan 5 pilihan option. Dimana sebelumnya telah diuji
cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas, daya beda, dan tingkat
kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajar dengan
model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) ( =
80,62, dan SD = 8,77) lebih tinggi dari pada yang diajar dengan model
pembelajaran Think Talk Write (TTW) ( = 75,15 dan SD = 7,87). Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji stastistik atau uji t. Hasil
perhitungan didapat menujukkan bahwa thitung = 2,623 dan setelah dibandingkan
dengan harga ttabel = 1,683 ternyata thitung>ttabel (2,623 > 1,683).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing,
Reflecting, Extending (CORE) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) siswa
kelas XI SMK Negeri 1 Medan T.P. 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SSK-2016 AKT 146 |
Keywords: | Model Pembelajaran CORE; Hasil Belajar; Pelajaran Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 07:56 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20538 |