Lubis, Meida Sari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121142013 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 7121142013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (810kB) | Preview
4. NIM 7121142013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
3. NIM 7121142013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM 7121142013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 7121142013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM 7121142013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8. NIM 7121142013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
9. NIM 7121142013 BAB I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM 7121142013 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 7121142013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Masalan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
kelas XII IPS SMA Swasta Al-Hidayah Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan
Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS
SMA Swasta Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Al-Hidayah Medan yang
beralamat di Jl. Letda Sujono Gg. Perguruan No. 4 Kec. Medan Tembung. Jenis
penelitian adalah penelitian eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XII IPS terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 66 siswa.
Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XII IPS 1 sebagai kelas
Eksperimen yang terdiri dari 32 orang dan XII IPS 2 sebagai kelas Kontrol yang
terdiri dari 34 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive random
sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar digunakan tes
dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data dilakukan
melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, varians, dan standar devisa.
Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, dan uji homogenitas,
setelah itu melakukan pengujian hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas
eksperiment = 41,66 dengan standar devisa = 11,33 dan nilai rata-rata postes
siswa setelah mtnggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan
Pendekatan Kontekstual = 81,83 dengan standar devisa = 11,48 sedangkan nilai
rata-rata pritest siswa kelas kontrol = 40,33 dengan standar devisa = 10,74 dan
nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan metode pembelajaran
konvensional = 68,66 dengan standar devisa = 11,13. Dari analisis data yang
diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal ( < ) dan
homogen ( < ) . Pengujian hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan uji t dan diperoleh (4,469 > 1,671) yang berarti
hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dk = N + N
– 2 = 58. Berdasarkan hasi penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh yang signifikan antara Model Pembelajaran Problem Based Learning
dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas
XII IPS SMA Swasta Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 129 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 07:35 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20534 |