Yolanda, Tolu Mawar (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PLANTET QUESTION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA SATRIA DHARMA PERBAUNGAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7123142052 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM.7123142052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
3. NIM.7123142052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
4. NIM.7123142052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
5. NIM 7123142052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM.7123142052 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM.7123142052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM 7123142052 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9. NIM.7123142052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
13. NIM.7123142052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM.7123142052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi
yang diajar dengan model pembelajaran Plantet Questions dengan strategi
pembelajaran Active Knowledge Sharing dan meningkatkan hasil belajar Akuntansi
pada mata pelajaran akuntansi keuangan siswa kelas X SMK Swasta Satria Dharma
Perbaungan T.P 2015/2016
Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan di
jalan Akasia No. 8 Jambur Pulau Perbaungan. Jenis penelitian adalah penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri 2
kelas dengan jumlah 80 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian
ini adalah total sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas X-AK 1 sebagai
kelas Eksperimen dan Kelas X-AK 2 sebagai Kelas Kontrol, yang masing-masing
kelas terisi dari 40 siswa dengan jumlah 80 siswa. Instrument yang digunakan untuk
mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas
ekperimen = 57,125 dengan Standar Deviasi = 15,102 dan nilai rata-rata post-test
siswa setelah menggunakan model pembelajaran Plantet Questions dengan strategi
pembelajaran Active Knowledge Sharing = 83,625 dengan Standar Deviasi = 10,62.
Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 55,375 dengan Standar
Deviasi = 12,678 dan nilai rata-rata post-test siswa setelah menggunakan metode
pembelajaran konvensional = 77,625 dengan Standar Deviasi = 10,681. Dari analisis
data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistibusi normal (Lhitung < Ltabel) dan
homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t
dan dipeoleh thitung > ttabel (2,526 > 1,667), yang berarti hipotesis dapat diterima
anatara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk= N +
N – 2 = 78.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
yang signifikan anatara model pembelajaran Plantet Questions dengan strategi
pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas
X Akuntansi SMK Swasta Raksana 2 Medan T.P 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 165 |
Keywords: | Metode Pembelajaran Konvensional; Model Pembelajaran Plantet Questions dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 06:53 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20524 |