PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PLANTET QUESTION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA SATRIA DHARMA PERBAUNGAN T.P. 2015/2016

Yolanda, Tolu Mawar (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PLANTET QUESTION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA SATRIA DHARMA PERBAUNGAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.7123142052 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.7123142052 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.7123142052 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.7123142052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.7123142052 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.7123142052 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.7123142052 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.7123142052 PREFACE.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7123142052 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7123142052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.7123142052 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.7123142052 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.7123142052 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.7123142052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7123142052 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7123142052 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.7123142052 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.7123142052 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.7123142052 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.7123142052 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.7123142052 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.7123142052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi
yang diajar dengan model pembelajaran Plantet Questions dengan strategi
pembelajaran Active Knowledge Sharing dan meningkatkan hasil belajar Akuntansi
pada mata pelajaran akuntansi keuangan siswa kelas X SMK Swasta Satria Dharma
Perbaungan T.P 2015/2016
Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan di
jalan Akasia No. 8 Jambur Pulau Perbaungan. Jenis penelitian adalah penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri 2
kelas dengan jumlah 80 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian
ini adalah total sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas X-AK 1 sebagai
kelas Eksperimen dan Kelas X-AK 2 sebagai Kelas Kontrol, yang masing-masing
kelas terisi dari 40 siswa dengan jumlah 80 siswa. Instrument yang digunakan untuk
mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas
ekperimen = 57,125 dengan Standar Deviasi = 15,102 dan nilai rata-rata post-test
siswa setelah menggunakan model pembelajaran Plantet Questions dengan strategi
pembelajaran Active Knowledge Sharing = 83,625 dengan Standar Deviasi = 10,62.
Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 55,375 dengan Standar
Deviasi = 12,678 dan nilai rata-rata post-test siswa setelah menggunakan metode
pembelajaran konvensional = 77,625 dengan Standar Deviasi = 10,681. Dari analisis
data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistibusi normal (Lhitung < Ltabel) dan
homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t
dan dipeoleh thitung > ttabel (2,526 > 1,667), yang berarti hipotesis dapat diterima
anatara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk= N +
N – 2 = 78.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
yang signifikan anatara model pembelajaran Plantet Questions dengan strategi
pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas
X Akuntansi SMK Swasta Raksana 2 Medan T.P 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 165
Keywords: Metode Pembelajaran Konvensional; Model Pembelajaran Plantet Questions dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 06:53
Last Modified: 14 Oct 2016 06:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20524

Actions (login required)

View Item
View Item