Rizka, Novia (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI-AK SMK HARAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7121142015 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 7121142015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
4. NIM. 7121142015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM. 7121142015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. NIM. 7121142015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 7121142015 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 7121142015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7121142015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 7121142015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
13. NIM. 7121142015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 7121142015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-AK SMK Harapan Stabat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Probing Prompting dengan penggunaan media pembelajaran Visual (Power Point) terhadap hasil belajar Akuntansi kelas XI-AK SMK Harapan Stabat tahun pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Harapan Stabat yang berlokasi di Jalan Letjend S. Parman No. 5 Stabat pada tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI-AK SMK Harapan Stabat yang berjumlah 61 orang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah purposive sample dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan 25 orang siswa disetiap kelas. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah 20 butir soal objektif tes tentang dana kas kecil, yang mana validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan taraf kesukaran soal telah diuji penulis. Data yang telah diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran probing prompting dengan penggunaan media pembelajaran visual (power point) terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran probing prompting dengan penggunaan media pembelajaran visual (power point) adalah pretest sebesar 44,8 dan posttest sebesar 82,6 sedangkan hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional (ceramah) dengan penggunaan media pembelajaran papan tulis adalah pretest sebesar 38,4 dan posttest sebesar 67,8. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,359 > 1,678 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran probing prompting dengan penggunaan media pembelajaran visual (power point) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-AK SMK Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada materi dana kas kecil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 120 |
Keywords: | Model Pembelajaran Probing Prompting; Media Pembelajaran Visual; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 03:51 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20515 |