Sitompul, Nelsiati (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA KESATRIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 7123342026 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
NIM. 7123342026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (772kB) | Preview
NIM. 7123342026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
NIM. 7123342026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
NIM. 7123342026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
NIM. 7123342026 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
NIM. 7123342026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
NIM. 7123342026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
NIM. 7123342026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
NIM. 7123342026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dikelas XII SMA Kesatria Medan.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII SMA Kesatria Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kesatria Medan yang beralamat di Jalan Gedung Arca No. 24 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 44 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simplerandom sampling yaitu kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 20 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α=0,05, maka hipotesis diterima.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen adalah 26 dan kelas kontrol adalah 31,5. Dan nilai postest kelas eksperimen adalah 78,75dan kelas kontrol nilai rata-rata hasil belajar siswa 57,25. Hasil uji thitung adalah 10,13 sedangkan ttabel = 2,1 dengan thitung> ttabel ( 10,13>2,1) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Konvensionalpada siswa kelas XII IPS SMA Kesatria Medan Tahun Pembelajaran 2016/201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 125 |
Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving; Model Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 03:19 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20506 |