Purba, Rugun Asima (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 7123342033 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
02. NIM 7123342033 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (881kB) | Preview
04. NIM 7123342033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
03. NIM7123342033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
05. NIM 7123342033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
06. NIM 7123342033 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
07. NIM 7123342033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
08. NIM 7123342033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
12. NIM 7123342033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
13. NIM 7123342033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
dikelas XI SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan strategi
pembelajaran EkspositoriTerhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK di
SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan Jl. Sindoro
No.1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AK terdiri dari
4 kelas dengan jumlah siswa 156 orang. Sampel yang digunakan, kelas XI AK 3
sebagai kelas eksperimen dan XI AK 4 sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data adalah tes hasil belajar dimana tes berbentuk pilihan berganda
yang berjumlah 10 soal dan essai 2 soal yang diambil dari buku pedoman siswa
yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan
Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis
apabila menunjukkan t hitung > t tabel pada α = 0,05
Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest
X = 46,28; SD = 10,98 dan postes X = 82,05 ; SD = 8,63. Sedangkan kelas
kontrol pretes X = 42,82; SD = 10,74 dan postest adalah X = 65,51 ; SD = 11,96.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari
data perhitungan hipotesis thitung sebesar 7,05 sedangkan ttabel = 2,0. Hasil
pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,05> 2,0 sehingga Ha
diterima dan Ho ditolak.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan
strategi pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas
XI AK di SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 153 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning Ekspositori; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 08:47 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20481 |