Oviandara, Chikita (2016) PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7121142004_COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 7121142004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. NIM. 7121142004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. NIM. 7121142004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM. 7121142004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
6. NIM. 7121142004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
7. NIM. 7121142004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7121142004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
9. NIM. 7121142004_BAB I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
13. NIM. 7121142004_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 7121142004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar akuntansi
siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh keterampilan berpikir tingkat tinggi terhadap prestasi
belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Medan tahun
pembelajaran 2015/ 2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Medan yang berada di jalan
Ansari No 34 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
IPS SMA Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 76
orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling dan sampel yang diambil adalah kelas XI IPS 1. Teknik
pengambilan data yang digunakan adalah dengan angket. Teknik analisis data
yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, uji regresi liniear sederhana,
uji T, dan determinasi.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 22.0,
diperoleh persamaan regresi liniear sederhana Y = 10,609 + 0,846 X . Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan dk = (n-2) pada taraf α= 0,05.
Dari hasil perhitungan hipotesis, diperoleh t hitung sebesar 4,453 dan t tabel
sebesar 1,688 dengan nilai signifikansi 0,037 < 0,05 yang berarti hipotesis
diterima. Persentase sumbangan keterampilan berpikir tingkat tinggi terhadap
prestasi belajar akuntansi siswa sebesar 65,3 %.
Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan
berpikir tingkat tinggi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 106 |
Keywords: | keterampilan berpikir tingkat tinggik;prestasi belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 08:22 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20479 |