Samosir, Praspita (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED(OE) DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMA SWASTAMARKUS MEDANT.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142040 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM. 7123142040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
3. NIM. 7123142040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
4. NIM. 7123142040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
5. NIM. 7123142040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM 7123142040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 7123142040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM. 7123142040 BAB I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
12. NIM. 7123142040 BAB V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM. 7123142040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XII IPS SMA Swasta Markus Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran problem open ended (OE) dengan
menggunakan strategi small group work terhadap hasil belajar akuntansi siswa
kelas XII IPS di SMA Swasta Markus Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Markus Medan, yang
beralamat di jln. Kapten Muslim no. 226 Helvetia, Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS yang terdiri dari 2 kelas jumlah
50 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah total sampling sebagai
kelas eksperimen kelas XII IPS1 dan kontrol kelas XII IPS2. Instrumen yang
digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda
sebanyak 20 soal. Test dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pretest) dan di
akhir (posttest) penelitian. Sebelum test diberikan kepada sampel penelitian, maka
test di uji coba terlebih dahulu SMA Negeri 1 Onanrunggu sebanyak 30 soal. Hal
ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat
kesukaran soal. Teknik analisis data sebelum dilakukan pengujian hipotesis,
terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data. Dalam hal ini dilakukan uji
normalitas dan uji homogenitas data.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa
kelas XII IPS1 46,6 dengan Standar Deviasi 6,87 dan nilai rata-rata postest siswa
setelah menggunakan Model Pembelajaran Problem Open Ended (OE) Dengan
Menggunakan Strategi Small Group Work = 82 dengan standar deviasi 9,35.
Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas XII IPS2 47,4 dengan Standar Deviasi
8,67 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan menggunakan metode
konvensional = 63 dengan standar deviasi 8,77. Dari analisis data yang diperoleh
bahwa hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen Fhitung <
Ftabel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh
thitung > ttabel (7,42 > 1,67), yang berarti hipotesis diterima pada taraf signifikan
95% atau α = 0,05 dengan dk = n+n -2 = 48.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
problem Open Ended (OE) dengan menggunakan strategi Small Group Work lebih
tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode
konvensional siswa kelas XII IPS di SMA Swasta Markus Medan T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 157 |
Keywords: | Model pembelajaran problem Open Ended;menggunakan strategi Small Group Work; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 07:44 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20475 |