Hartanti, Asmita (2016) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL KELUARGA, MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AP SMK NEGERI 1 RANTAU UTARA TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7121141003 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM. 71211141003 LEMBAR PENGESAHAN Doc1.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
3. NIM. 7121141003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 7121141003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5. NIM. 7121141003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 7121141003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM. 7121141003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
8. NIM. 7121141003 BAB 1.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
12. NIM. 7121141003 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM. 7121141003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Interaksi Sosial
Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar siswa kelas X AP SMK
Negeri 1 Rantau Utara Tahun Ajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK
Negeri 1 Rantau Utara dengan jumlah 133 siswa. Teknik penggambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan sampel 68
responden.
Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh koefisien
Nilai koefisien korelasi antara interaksi sosial keluarga (X1) dengan prestasi
belajar siswa (Y) yaitu 0,694 > 0,235 maka disimpulkan ada hubungan antara
interaksi sosial keluarga (X1) dengan prestasi belajar siswa (Y).korelasi antara
motivasi belajar (X2) dengan prestasi belajar siswa (Y) yaitu 0,417 > 0,235 maka
disimpulkan ada hubungan antara motivasi belajar (X2) dengan prestasi belajar
siswa (Y). korelasi antara kemandirian belajar (X3) dengan prestasi belajar siswa
(Y) diperoleh nilai 0,845 > 0,235 maka disimpulkan ada hubungan antara
kemandirian belajar (X3) dengan prestasi belajar siswa (Y).
Dalam penelitian Uji t interaksi sosial keluarga (X1) dilakukan dengan
membandingkan antara t hitung dengan t tabel. Yang kemudian diperoleh thitung=
3.618 > ttabel = 1,995 dengan nilai signifikasi 0,000<0,05. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa variabel interaksi sosial keluarga (X1) berhubungan positif
dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y).Dalam penelitian Uji t Motivasi
belajar (X2) thitung=2.878 > ttabel=1,995 dengan nilai signifikasi 0,000<0,005.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Motivasi belajar (X2) berhubungan
positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y).Dalam penelitian Uji t
kemandirian belajar (X3) diperoleh thitung= > ttabel dengan nilai signifikasi
0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kemandirian belajar
(X3) berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y).
Dalam penelitian Uji F, Fhitung = 22.336 > Ftabel = 3,13 dengan nilai
signifikansi 0,000 <0,05 yang berarti hipotesis 4 diterima. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa variabel interaksi sosial keluarga (X1), motivasi belajar (X2)
dan kemandirian belajar (X3), berhubungan positif dan signifikan terhadapa
prestasi belajar (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 071 |
Keywords: | Interaksi Sosial Keluarga; Motivasi; Kemandirian Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 06:35 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20462 |