PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK SWASTA TELADAN INDRAPURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Herlina (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK SWASTA TELADAN INDRAPURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  7121141018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7121141018 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7121141018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7121141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (900kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7121141018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7121141018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7121141018  PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7121141018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7121141018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7121141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7121141018 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7121141018 TABLE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7121141018 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7121141018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7121141018 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7121141018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7121141018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7121141018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7121141018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7121141018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7121141018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7121141018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh siswa masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI di SMK Swasta Teladan Indrapura T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Indrapura yang beralamat di Jl. Datuk Umar Pelangki No. 8 Indrapura. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Swasta Teladan Indrapura T.P 2016/2017 yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI ADP sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI TKJ sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Teknik analisis data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, varians, dan standar deviasi. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, setelah itu melakukan pengujian hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test yang menggunakan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Student Teams Achievement Division (STAD) = 38,16 dan 84,00 dengan standar deviasi = 33,44 dan 5,78 dan nilai pre-test dan post-test siswa yang menggunakan model konvensional = 38,16 dan 76,00 dengan standar deviasi 45,51 dan 6,74. Hipotesis penelitian diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar 3,4144> ttabel 1,6723 pada taraf signifikan α = 0,05 yang berarti hipotesis diterima.
Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI SMK Swasta Teladan Indrapura T.P 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ADP 082
Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning; Student Teams Achievement Division; Hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2016 08:15
Last Modified: 11 Oct 2016 08:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20430

Actions (login required)

View Item
View Item