Herlina (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK SWASTA TELADAN INDRAPURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141018 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM. 7121141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (900kB) | Preview
4. NIM 7121141018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. NIM. 7121141018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
5. NIM 7121141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM 7121141018 TABLE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 7121141018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM 7121141018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 7121141018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
13. NIM. 7121141018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
14. NIM 7121141018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh siswa masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI di SMK Swasta Teladan Indrapura T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Indrapura yang beralamat di Jl. Datuk Umar Pelangki No. 8 Indrapura. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Swasta Teladan Indrapura T.P 2016/2017 yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI ADP sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI TKJ sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Teknik analisis data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, varians, dan standar deviasi. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, setelah itu melakukan pengujian hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test yang menggunakan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Student Teams Achievement Division (STAD) = 38,16 dan 84,00 dengan standar deviasi = 33,44 dan 5,78 dan nilai pre-test dan post-test siswa yang menggunakan model konvensional = 38,16 dan 76,00 dengan standar deviasi 45,51 dan 6,74. Hipotesis penelitian diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar 3,4144> ttabel 1,6723 pada taraf signifikan α = 0,05 yang berarti hipotesis diterima.
Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI SMK Swasta Teladan Indrapura T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 082 |
Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning; Student Teams Achievement Division; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 08:15 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20430 |