Wulandari, Susan (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK PAB.2 HELVETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341112 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2.NIM 7123341112 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
3. NIM 7123341112 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4.NIM 7123341112 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM 7123341112 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. NIM 7123341112 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM 712334112 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM 712334112 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM 7123341112 BAB 1.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13. NIM 7123341112 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM 7123341112 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model
pembelajaran Teams Games Tournament dan Course Review Horay terhadap hasil
belajar siswa. Selain itu untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan kolaborasi model pembelajaran Teams Games
Tournament dan Course Review Horay pada mata pelajaran kewirausahaan SMK
PAB 2 Helvetia.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dilaksanakan di SMK
PAB.2 Helvetia yang beralamat di jalan Veteran Pasar VI Helvetia. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-AP yang berjumlah 101 orang.
Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI-AP1 (Kontrol) yang berjumlah 25
orang dan kelas XI-AP2 (Eksperimen) yang berjumlah 36 orang. Instrumen
penelitian yang digunakan untuk mengumpul data adalah objektif tes berbentuk
pilihan berganda yang berjumlah 16 soal dari 20 soal pilihan berganda yang telah
diuji validitasnya dengan 4 pilihan jawaban.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen
sebesar 79,78 dengan standar deviasi sebesar 7,71. Sedangkan hasil belajar
kewirausahaan kelas konvensional (kontrol) adalah sebesar 70,84 dengan standar
deviasi 10,33. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan
dk= n1 + n2 - 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis yang
diperoleh thitung sebesar 3,871 dan ttabel sebesar 1,67. Hasil pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,871 > 1,67) maka hipotesis diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif
dan signifikan penerapan kolaborasi model pembelajaran teams games
tournament dan course review horay terhadap hasil belajar persentase siswa. Dan
hasil belajar dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran teams games
tournament dan Course Review Horay lebih tinggi dengan persentase peningkatan
hasil belajar sebesar 30,84% dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan ceramah dengan persentase peningkatan hasul belajar sebesar
23,94% pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI-AP SMK PAB.2 Helvetia
T.A 2016/2017.
Kata Kunci : Kolabor
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 076 |
Keywords: | Model Pembelajaran Teams Games Tournament; Course Review Horay, Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 07:45 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20424 |