Hutauruk, Lenzi Corra Enju (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DIINTEGRASIKAN DENGAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK SWA BINA KARYA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.709141112. COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 709141112. LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
3. NIM. 709141112. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4. NIM. 709141112. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
5. NIM. 709141112. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 709141112. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7. NIM. 709141112. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM.709141112. BAB I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
12. NIM.709141112. BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM. 709141112. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif administrasi perkantoran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Diintegrasikan Dengan Student Team Achivement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Produktif Administrasi Perkantoran Siswa Kelas X AP SMK Swa Bina Karya Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swa Bina Karya Medan yang beralamat di Jalan Pelajar No. 1 Pulo Brayan Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 orang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data dengan sebelumnya dihitung terlebih dahulu nilai rata – rata, standar deviasi dan varians. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t.
Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan rata – rata = 68,59, standar deviasi = 8,64 dan pada hasil post test dengan rata – rata = 74,46, standar deviasi 11,38. Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t dengan taraf signifikan 5 % dan df = n-1 yaitu 32-1 = 31 diperoleh ttabel 2,03 Hasil tersebut menunjukkan nilai thitung yaitu 41,93 > 2,03, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
Maka dapat disimpulakan bahwa hasil belajar produktif administrasi perkantoran dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Diintegrasikan Dengan Student Team Achivement Division (STAD) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar produktif administrasi perkantoran sebelum menggunakan pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Diintegrasikan Dengan Student Team Achivement Division (STAD) di SMK Swa Bina Karya Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 065 |
Keywords: | Problem Based Instruction; Hasil Belajar;pembelajaran Kooperatif Tipe STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 07:12 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20418 |