PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DIINTEGRASIKAN DENGAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK SWA BINA KARYA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Hutauruk, Lenzi Corra Enju (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DIINTEGRASIKAN DENGAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK SWA BINA KARYA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.709141112. COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.709141112. COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 709141112. LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 709141112. LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 709141112. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 709141112. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 709141112. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 709141112. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 709141112. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 709141112. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 709141112. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 709141112. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 709141112. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 709141112. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.709141112. BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM.709141112. BAB I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM.709141112. BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM.709141112. BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 709141112. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 709141112. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif administrasi perkantoran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Diintegrasikan Dengan Student Team Achivement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Produktif Administrasi Perkantoran Siswa Kelas X AP SMK Swa Bina Karya Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swa Bina Karya Medan yang beralamat di Jalan Pelajar No. 1 Pulo Brayan Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 orang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data dengan sebelumnya dihitung terlebih dahulu nilai rata – rata, standar deviasi dan varians. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t.
Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan rata – rata = 68,59, standar deviasi = 8,64 dan pada hasil post test dengan rata – rata = 74,46, standar deviasi 11,38. Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t dengan taraf signifikan 5 % dan df = n-1 yaitu 32-1 = 31 diperoleh ttabel 2,03 Hasil tersebut menunjukkan nilai thitung yaitu 41,93 > 2,03, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
Maka dapat disimpulakan bahwa hasil belajar produktif administrasi perkantoran dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Diintegrasikan Dengan Student Team Achivement Division (STAD) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar produktif administrasi perkantoran sebelum menggunakan pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Diintegrasikan Dengan Student Team Achivement Division (STAD) di SMK Swa Bina Karya Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ADP 065
Keywords: Problem Based Instruction; Hasil Belajar;pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2016 07:12
Last Modified: 11 Oct 2016 07:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20418

Actions (login required)

View Item
View Item