Harahap., Putri Syahrani (2016) HUBUNGAN PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 RANTAU SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7123341089 COVER.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2. 7123341089 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
4. 7123341089 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
3. 712341089 PREFECE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. 7123341089 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. 7123341089 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. 7123341089 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. 7123341089 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
13. 7123341089 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. 7123341089 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian tugas pekerjaan rumah (X1) dan kemandirian belajar (X2) dengan prestasi siswa IPS (Y) kelas XI SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 133 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling dimana sampelnya berjumlah 40 orang. Data pemberian tugas pekerjaan rumah dan kemandirian belajar diperoleh dengan menggunakan angket dan data prestasi belajar ekonomi siswa diperoleh dari DKN atau daftar Kumulatif nilai. Uji Validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Pearson Product Moment dan uji Reliabilitas angket diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus analisis uji koefisien korelasi, uji t/parsial dan uji F/simultan.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20,0 diperolah persamaan korelasi antara pemberian tugas pekerjaan rumah dan kemandirian belajar dengan prestasi siswa SMA Negeri 1 Rantau Selatan tergolong kategori yang tinggi dengan koefisien korelasi 0,678. selanjutnya variabel pemberian tugas pekerjaan rumah (X1) berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi siswa IPS dimana t hitung sebesar 3.824 dengan signifikan 0,000 k nilai t table dalam tingkat kepercayaan 0,05 sebesar 1.687. Variabel kemandirian belajar (X2) berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi siswa IPS dimana t hitung sebesar 2.257 dengan signifikan 0,030 sedangkan nilai ttable dalam tingkat kepercayaan 0,05 sebesar 1.687. persentasi sumbangan variable pemberian tugas pekerjaan rumah dan kemandirian belajar menjelaskan hubungan dengan prestasi siswa IPS sebanyak 67.8%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 087 |
Keywords: | Tugas Rumah; Guru; kemandirian Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 01:34 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 01:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20333 |