Harahap, Inda Pradinda (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA AL-HIDAYAH MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141058COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 7123141058 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
4. NIM 7123141058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3. NIM 7123141058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM 7123141058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM 7123141058 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7123141058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7123141058 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7123141058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
13. NIM 7123141058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
14. NIM 7123141058 BIBLIGRAPHY.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Al-Hidayah T.P 2016/2017
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Hidayah Medan yang beralamat di Jl.Letda Sudjono, Gg.Pendidikan No.14 Medan. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 43 orang. Sehingga semua populasi dijadikan sampel. Kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 21 orang dan kelas XI IPS-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda. Uji instrument tes menggunakan, uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda dan uji tingkat kesukaan soal Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, varians dan standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas data dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi serta berpengaruh positif dan signifikan daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil uji statistik juga menunjukkan hal yang sama, yakni H0 ditolak dan Ha diterima. Pada kelas ekperimen, rata-rata pre-test sebesar 45,23, standar deviasi = 13,91 dan post-test sebesar 82,38, standar deviasi 7,17, sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata pre-test sebesar 50,45, standar deviasi = 10,45 dan post-test sebesar 65,22 standar deviasi = 10,85. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,141>1,7 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Al-Hidayah Medan T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 122 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 06:37 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 06:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20314 |