Simanjuntak, Widya (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI MAS AL-WASHLIYAH 12, PERBAUNGAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141058 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7121141058 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (735kB) | Preview
4. NIM 7121141058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
3. NIM 7121141058 PERFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM 7121141058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 7121141058 TABLES.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7. NIM 7121141058 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 7121141058 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 7121141058 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM 7121141058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
13. NIM 7121141058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM 7121141058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1.perbedaan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan metode konvensional, 2.perbedaan hasil belajar ekonomi siswa dengan kemandirian belajar tinggi dan kemandirian belajar rendah, 3.interaksi interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan metode konvensional dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi.
Penelitian ini dilakukan di Mas Al-Washliyah 12 Perbaungan, yang beralamat di Jl.Malinda 2 Komplek Sawit Indah, Perbaungan dengan populasi sebanyak 90 orang siswa dan sampel sebanyak 65 dengan menggunakan metode teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, test dan angket.
Uji hipotesis penelitian yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan faktorial 2 x 2. Uji persyaratan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua kelompok data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan 1. hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan metode konvensional (F=39,736 dengan sig. = 0,000 atau p ≤ 0,05), 2. siswa yang memilliki kemandirian belajar tinggi memperoleh hasil belajar ekonomi yang lebih tinggi daripada kelompok siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah (F=17,555 dengan sig. = 0,000 atau p ≤ 0,05). 3. terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan metode konvensional dengan hasil belajar ekonomi (F=8,89 dengan sig. = 0,004 atau p < 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 083 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Kemandirian Belajar;Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 04:09 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20301 |