Sihaloho, Fahmi Ashari S. (2016) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SOFT SKILLS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 LABUHAN DELI T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341031 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7123341031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
3. NIM. 7123341031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
4. NIM. 7123341031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 7123341031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 7123341031 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM.7123341031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7123341031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 7123341031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
13. NIM. 7123341031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
14. NIM. 7123341031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa?, apakah terdapat hubungan antara Soft Skills dengan prestasi belajar siswa?, serta apakah terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan soft skills dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMAN 1 Labuhan Deli T.P 2015/2016?.
Lokasi Penelitian adalah di Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Labuhan Deli jalan Serbaguna Guna Ujung Pasar IV Helvetia Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Labuhan Deli yang berjumlah 159 orang. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 48 orang siswa atau 30% dari populasi dengan metode Propotional random sampling. Instrumen data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Setelah data diperoleh dan digunakan analisis data dengan menggunakan program aplikasi SPSS 20, diperoleh antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar dengan thitung > ttabel yaitu 2,18 > 2,01290, dengan nilai signifikan (sig.) 0,034 pada 95% atau ɑ = 0,05, nilai antara Soft Skills dengan prestasi belajar dengan thitung < ttabel yaitu 0,027128 > 2,01290, dengan nilai signifikan (sig.) 0,981 pada 95% atau ɑ = 0,05. Dan diperoleh nilai antara kemampuan berpikir kritis dan Soft Skills dengan prestasi belajar dengan Fhitung > Ftabel yaitu 3,389 > 3,20 dengan nilai signifikan (sig.) 0,043 pada 95% atau ɑ = 0,05 dan sumbangan secara simultan sebesar 13,1 % dan 86,9 % dipengaruhi variabel lain. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kemampuan Berpikir Kritis dan Soft Skills dengan Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMAN 1 Labuhan Deli T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 091 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis; Soft Skills; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 03:27 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20297 |