Fazariani,, Misfah (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI LUBUK PAKAM T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 7123341068 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
NIM 7123341068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
NIM 7123341068 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
NIM 7123341068 PREFACE.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
NIM 7123341068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
NIM 7123341068 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
NIM 7123341068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
NIM 7123341068 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
NIM 7123341068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
NIM 7123341068 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
NIM 7123341068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Lubuk Pakam T.P 2016/2017yang berjumlah 282 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive Sampling, yang berjumlah 75 orang. Data yang diambil berupa nilai hasil belajar siswa. Setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas, data dapat di analisis. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-tidak berpasangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat ketuntasan kelas eksperimen yaitu 73% sedangkan kelas kontrol hanya 15%. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 78,10 sedangakan pada kelas kontrol 61,84. Dalam pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 95% menunjukan ada pengaruh positif dan siginifikan antara kolaborasi Problem Based Introduction (PBI) dengan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa, dimana nilai (thitung =5,878) > (ttabel = 1,992).
Bagi sekolah Madrasah Aliyah Negeri Lubuk Pakam terkhusus tenaga pendidik, dapat menggunakan penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa dalam upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah. Upaya yang dilakukan dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) dengan Numbered Heads Together (NHT) sebagai model alternatif dalam meningkatkan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 116 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 03:23 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20296 |