Gultom, Dede Arta (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANOMBEIAN PANEI T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141026_COVER.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
2. NIM. 7123141026_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
3.NIM. 7123141026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
4.NIM. 7123141026_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM.7123141026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
6.NIM.7123141026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
7.NIM.7123141026_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8.NIM. 7123141026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9.NIM. 7123141026_BAB I.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
13.NIM.7123141026_BAB V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14.NIM.7123141026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation dengan Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Panombeian Panei T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Panombeian Panei Jalan Pendidikan No. 5 Marjandi, Kecamatan Panombeian Panei, Kabupaten simalungun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 175 orang siswa terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-2 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 28 orang dan X-3 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 28 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 butir soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil perhitungan tes hasil belajar dinyatakan dari 20 butir soal, 20 butir soal dinyatakan valid dan tes dinyatakan reliabel. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk (n1 + n2 – 2) pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen= 46,25 dengan Standar Deviasi = 10,60 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan Numbered Head Together = 78,04 dengan Standar Deviasi = 10,12. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 45,71 dengan Standar Deviasi = 14,12 dan nilai rata-rata posttest siswa menggunakan metode konvensional = 66,25 dengan Standar Deviasi = 12,07. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (3,9609 > 2,006), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel x dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk = N+N-2 =56.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation dengan Numbered Head Together lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan hasil belajar Ekonomi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Panombeian Panei T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 118 |
Keywords: | Model Pembelajaran Group Investigation; Numbered Head Together; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 02:54 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20290 |