Mahameru, Muhadis (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN PANDUAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MELALUI SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH DENGAN METODE FOCUS GROUP DISCUSSION DI SMA/SMK KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146132050 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 8146132050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
3. NIM. 8146132050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8146132050 PREFACE .pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM. 8146132050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 8146132050 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8146132050 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8146132050 LIST OF GRAFIC.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8146132050 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 8146132050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
14. NIM. 8146132050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
15. NIM. 8146132050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui peningkatan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun panduan kegiatan ekstrakurikuler melalui supervisi manajerial pengawas sekolah dengan metode focus group discussion di SMA/SMK Kabupaten Kepulauan Anambas. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah pada SMA/SMK Negeri di Kabupaten Kepulauan Anambas berjumlah 5 orang kepala sekolah. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Instrumen penelitian untuk mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam menyusun program kegiatan ektrakurikuler digunakan pedoman daftar cocok dengan jumlah butir sebanyak 7. Sedangkan untuk mengamati kegiatan metode focus group discussion untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam meyusun program kegiatan ektrakurikuler digunakan pedoman daftar cocok dengan jumlah butir sebanyak 23. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian adalah penilaian kemampuan kepala sekolah dalam menyusun panduan kegiatan ektrakurikuler pada siklus I yaitu dengan nilai 63,43% dan pada siklus II yaitu dengan nilai 84,57% dan tergolong kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan supervisi pengawas sekolah dengan metode focus group discussion dapat meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun panduan kegiatan ekstrakurikuler di SMA/SMK Kabupaten Kepulauan Anambas. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada supervisor yaitu menerapkan metode focus group discussion untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun panduan kegiatan ektrakurikuler.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Mah p |
Keywords: | Kemampuan kepala sekolah; Supervisi manajerial maetod focus group discussion; Panduan kegiatan ekstrakurikuler |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 04:28 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20230 |