Naibaho, Agus Junsion (2015) PERBEDAAN SIKAP POSITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DIKELAS VIII SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136171002 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 8136171002 APROVAL SHEET.doc.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. 8136171002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. 8136171002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. 8136171002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
6. 8136171002 TABLES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7. 8136171002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
8. 8136171002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (931kB) | Preview
12. 8136171002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
13. 8136171002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan : (1) sikap positif siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran langsung dalam pemebelajaran matematika. (2) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran langsung dalam pembelajaran matematika. (3) kadar aktivitas siswa selama pemebelajaran dengan pendekatan matematika realistik dan pembelajaran langsung. (4) kemampuan guru mengelola pembelajaran matematika realistik. (5) proses jawaban siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan pembelajaran matematika realistik. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Pemilihan dampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) angket sikap positif (2) tes kemampuan berpikir kreatif (3) lembar aktivitas aktif siswa (4) kemampuan guru mengelola pembelajaran matematika (5) lembar jawaban siswa. Tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah bentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan kadar aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan proses jawaban siswa dengan pembelajaran matematika realistik. Analisis inferensial data dilakukan dengan uji mann-whitney u-test dan analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan sikap positif antara siswa yang diberi pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan yang diberikan pembelajaran langsung. (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang diberi pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan yang diberikan pembelajaran langsung. (3) kadar aktivitas siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik memenuhi batas toleransi waktu ideal. (4) kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik masuk ke dalam kriteria cukup baik. (5) proses jawaban siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih baik dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Nai p |
Keywords: | Belajar matematika; Matematika realistik; Pembelajaran langsung; Materi pelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 04:02 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20196 |