Hutagaol, Albina Herawaty (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII-3 SMP NEGERI 2 SUNGGAL. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136176001 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2. NIM. 8136176001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. NIM. 8136176001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8136176001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. NIM. 8136176001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM. 8136176001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. NIM. 8136176001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM. 8136176001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9. NIM 8136176001 BAB I.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. NIM. 8136176001 BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
14. NIM. 8136176001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peningkatan kreativitas siswa, hasil belajar IPA siswa dan respon siswa melalui penerapan pembelajaran guided dicovery berbantuan mind mapping. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kreativitas diperoleh melalui observasi saat pembelajaran berlangsung dan dihitung persentase yang memperoleh kategori amat baik, baik, cukup dan kurang. Peningkatan hasil belajar diperoleh dengan melakukan pretes dan postes setiap siklus,dan hasilnya dikategorikan dalam tuntas dan tidak tuntas. Tuntas apabila siswa memperoleh nilai diatas atau sama dengan kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 75 dan tidak tuntas apabila memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal serta secara klasikal tuntas apabila siswa yang tuntas mencapai 75%. Peningkatan respon siswa diperoleh melalui angket terhadap siswa yang diberikan setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dari siklus I menunjukkan nilai rata-rata persentase ketuntasan 66,66 % (kategori cukup) dan pada siklus II menunjukkan rata-rata ketuntasan 87,26% dengan kategori amat baik. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 70,1 menjadi 81,6. Pada siklus I hanya ada 17 dari 33 siswa yang nilainya tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (55,5 %) dan pada siklus II ada 30 dari 33 siswa yang nilainya tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( 90,9%). Peningkatan ini juga dapat dilihat pada N-gain hasil belajar siswa pada siklus I N-gain hasil belajar siswa adalah 0,58 (kategori sedang) dan pada siklus II adalah 0,67 (kategori sedang). Respon siswa terhadap pembelajaran meningkat dengan menggunakan pembelajaran guided dicovery berbantuan mind mapping.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Hut p |
Keywords: | Kreativitas siswa; Hasil Belajar; Pembelajaran guided discovery; Mind mapping |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 03:31 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20192 |