PENERAPAN PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII-3 SMP NEGERI 2 SUNGGAL

Hutagaol, Albina Herawaty (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII-3 SMP NEGERI 2 SUNGGAL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136176001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136176001 COVER.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136176001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136176001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136176001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136176001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136176001 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136176001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136176001 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136176001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136176001 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136176001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136176001 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136176001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136176001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136176001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8136176001 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8136176001 BAB I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136176001 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136176001 BAB V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136176001 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136176001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peningkatan kreativitas siswa, hasil belajar IPA siswa dan respon siswa melalui penerapan pembelajaran guided dicovery berbantuan mind mapping. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kreativitas diperoleh melalui observasi saat pembelajaran berlangsung dan dihitung persentase yang memperoleh kategori amat baik, baik, cukup dan kurang. Peningkatan hasil belajar diperoleh dengan melakukan pretes dan postes setiap siklus,dan hasilnya dikategorikan dalam tuntas dan tidak tuntas. Tuntas apabila siswa memperoleh nilai diatas atau sama dengan kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 75 dan tidak tuntas apabila memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal serta secara klasikal tuntas apabila siswa yang tuntas mencapai 75%. Peningkatan respon siswa diperoleh melalui angket terhadap siswa yang diberikan setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dari siklus I menunjukkan nilai rata-rata persentase ketuntasan 66,66 % (kategori cukup) dan pada siklus II menunjukkan rata-rata ketuntasan 87,26% dengan kategori amat baik. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 70,1 menjadi 81,6. Pada siklus I hanya ada 17 dari 33 siswa yang nilainya tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (55,5 %) dan pada siklus II ada 30 dari 33 siswa yang nilainya tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( 90,9%). Peningkatan ini juga dapat dilihat pada N-gain hasil belajar siswa pada siklus I N-gain hasil belajar siswa adalah 0,58 (kategori sedang) dan pada siklus II adalah 0,67 (kategori sedang). Respon siswa terhadap pembelajaran meningkat dengan menggunakan pembelajaran guided dicovery berbantuan mind mapping.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Hut p
Keywords: Kreativitas siswa; Hasil Belajar; Pembelajaran guided discovery; Mind mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Sep 2016 03:31
Last Modified: 30 Sep 2016 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20192

Actions (login required)

View Item
View Item