Sitanggang, Roni Antonius (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SISWA SMA SANTO THOMAS 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146121034 COVER.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
2. NIM 8146121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. NIM 8146121034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM 8146121034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
5. NIM 8146121034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6. NIM 8146121034 TABLES.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
7. NIM 8146121034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 8146121034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
9. NIM 8146121034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
13. NIM 8146121034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM 8146121034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Katolik antara : (1) siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) tipe Floating Facilitator (FF) dan Tipe Peer Tutor (PT), (2) siswa yang memiliki gaya berpikir Sekuensiel Abstrak (SA) dan Sekuensiel Konkrit (SK), dan (3) interaksi antara penggunaan model PBL dan Gaya Berpikir. Populasi dalam penelitian ini terdiri atas siswa kelas XI sebanyak empat kelas SMA Santo Thomas 1 Medan sebanyak 546 orang. Sampel yang digunakan sebanyak empat kelas yang terdiri atas 181 orang. Sampel penelitian ini diambil secara random cluster. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes yang berbentuk Multiple Choice (Pilihan Berganda) sedangkan gaya berpikir diukur dengan tes non tes yang berbentuk angket. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2 sedangkan teknik analisis data menggunakan anava dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar Pendidikan Agama Katolik : (1) siswa yang diajar dengan menggunakan model PBL tipe Floating Facilitator (FF) lebih tinggi dibandingkan dengan model PBL tipe Peer Tutor (PT), (2) siswa yang memiliki gaya berpikir Sekuensiel Abstrak (SA) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir Sekuensiel Konkrit (SK) dan, (3) terdapat interaksi antara penggunaan model PBL dengan gaya berpikir.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.84 Sit p |
Keywords: | Hakikat belajar; Pendidikan agama katolik; Model pembelajaran; Gaya berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education L Education > LC Special aspects of education > LC361 Christian education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 02:49 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20181 |