PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN LANSUNG DI SMP KECAMATAN SUSOH ACEH BARAT DAYA

Kafrawi (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN LANSUNG DI SMP KECAMATAN SUSOH ACEH BARAT DAYA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8106172008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8106172008 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8106172008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8106172008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8106172008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8106172008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8106172008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8106172008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8106172008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8106172008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8106172008 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8106172008 TABLES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8106172008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8106172008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8106172008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8106172008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8106172008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8106172008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8106172008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8106172008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menerapkan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung; (2) Perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa antara yang menerapkan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung; (3) Interaksi antara pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung dengan kemampuan awal matematis (KAM) siswa (tinggi, sedang dan rendah) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa; (4) Interaksi antara pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung dengan kemampuan awal matematis (KAM) siswa (tinggi, sedang dan rendah) dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Selanjutnya penelitian ini juga mendeskripsikan tentang: (1) Bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kontekstual; (2) Bagaimana proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes komunikasi dan koneksi matematis pada masing-masing pembelajaran. Jenis penelitian ini tergolong dalam penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tunas Nusa dan SMP Negeri 1 Susoh, masing-masing terdiri dari 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol yang dipilih secara acak. Pada kelas eksperimen menerapkan pembelajaran kontekstual dan pada kelas kontrol menerapkan pembelajaran langsung. Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis siswa menggunakan statistik uji-t dan untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dengan KAM siswa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis siswa menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis siswa melalui pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada pembelajaran langsung. Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang tertinggi pada aspek ekspresi matematika, sedangkan perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis yang tertinggi pada aspek koneksi antar topik matematika; (2) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung dengan kemampuan awal matematis (KAM) siswa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis siswa; (3) Aktivitas belajar siswa yang memperoleh pembelajaran CTL berada pada kategori baik; (4) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes komunikasi dan koneksi matematis, siswa yang pembelajarannya menerapkan CTL lebih bervariasi daripada kelompok siswa yang pembelajarannya menerapkan PML.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Kaf p
Keywords: Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran langsung; Kemampuan komunikasi matematis; Koneksi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:02
Last Modified: 27 Sep 2016 07:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20079

Actions (login required)

View Item
View Item